Bank Nagari Lakukan Kerja Sama dengan Pemda Sijunjung Terkait Digitalisasi 

Bank Nagari Lakukan Kerja Sama dengan Pemda Sijunjung Terkait Digitalisasi 

Covesia.com - Bank Nagari telah melakukan kerjasama dengan Pemerintah Daerah se-Sumatera Barat. Kerja sama tersebut salahsatunya melakukan digitalisasi atau elektronifikasi pengelolaan keuangan daerah, baik sisi pengeluaran maupun sisi penerimaan daerah.  

"Di sisi pengeluaran, Bank Nagari telah mengimplementasikan aplikasi SP2D Online pada Pemerintah daerah se-Sumatera Barat. Sedangkan dari sisi penerimaan, Bank Nagari juga telah mengimplementasikan layanan Cash Management System (CMS), E Retribusi, host to Host PBB, Pajak Daerah Online dan Samsat online di Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat,"ungkap Humas Bank Nagari, Intan kepada Covesia.com, Minggu (5/12/2021).

Intan menjelaskan E Retribusi adalah system yang disediakan oleh Bank Nagari berbasis WEB untuk membantu Pemda dalam pengelolaan Retribusi secara digital dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah sehingga tercipta efektifitas, efisiensi dan akuntabilitas transaksi retribusi bagi Pemerintah Daerah.

"System ini juga menyediakan eksekutif report untuk Pejabat Pemda. Jumlah retribusi untuk Provinsi Sumatera Barat adalah 32 jenis," jelasnya. 

Dengan ditandatanganinya PKS dengan Pemda Kabupaten Sijunjung, maka bertambah jenis retribusi, yakni Retribusi Pasar Ternak yang juga menggunakan QRIS Bank Nagari.

"Untuk retribusi ini telah 17 Kabupaten Kota yang kami dukung transaksi non tunainya dengan memanfaatkan QRIS sebagai salah satu media pembayarannya," terangnya. 

Intan juga menjelaskan terkait Pajak Daerah, diketahui ada 11 jenis pajak seperti PBB, BPHTB, Hotel, Restauran, Reklamae dan lain lain. 

Bank Nagari sudah mengakomodir seluruh Kabupaten Kota se Provinsi Sumatera Barat untuk pembayaran PBB menggunakan channel digital Bank Nagari (ATM, NCM, dan Mobile Banking).

Untuk 2 Kota Padang Panjang dan Payakumbuh telah kami integrasikan dengan GOPAY dan TOKOPEDIA untuk media pembayarannya, dimana GOPAY dan TOKOPEDIA juga merupakan mitra bisnis digital Bank Nagari. 

"Khusus untuk Kabupaten Sijunjung, Bank Nagari juga telah bekerjasama dengan Telkomsel terkait penempatan 3 unit smart tax – Tapping Box untuk pembayaran Pajak Restauran/Rumah Makan dan Hotel. Hal ini memudahkan para kasir Rumah Makan/Restauran dan Hotel, tidak perlu lagi menjumlahkan pajak yang harus dibayarkan ke Pemerintah Daerah.

"Sistem E Retribusi yang saat ini kami rancang sudah mengakomodir transaksi non-tunai berbasis QRIS, dimana Bank Nagari sudah mendapatkan izin Bank Indonesia terkait Layanan QRIS,"ujarnya. 

Posisi QRIS Bank Nagari per 30 November 2021 adalah sebanyak 15.951 Merchant, transaksi sebanyak 329.000 dan nominal transaksi  Rp 52,5 Milyar. 

Bank Nagari juga melakukan Penandatanganan MoU tentang Pemanfaatan Produk dan Jasa Perbankan dalam Pelaksanaan Digitalisasi Ekonomi Daerah dengan Pemerintah Kabupaten Sijunjung serta penandatangan antara OPD terkait dengan Bank Nagari Cabang Sijunjung. 

"Bank Nagari selalu berkomitmen untuk berperan serta dalam meningkatkan pelayanan kami kepada seluruh stakeholder dan diharapkan keberadaan kami pada akhirnya akan mampu ikut mendorong pertumbuhan pembangunan di Sumatera Barat," pungkasnya. 

(ril/ila)

Berita Terkait

Baca Juga