Peningkatan Penyaluran Kredit Melalui Bank Nagari di Pessel Mulai Membaik

Peningkatan Penyaluran Kredit Melalui Bank Nagari di Pessel Mulai Membaik Bank Nagari Cabang Painan Pesisir Selatan (Foto: Indra Yen/Covesia)

Covesia.com - Peningkatan kredit melalui Bank Nagari di Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mulai membaik di akhir tahun ini. Hal itu, seiring dengan mulai pulihnya peningkatan ekonomi masyarakat ditengah pandemi Covid-19 di daerah tersebut. 

"Ya, untuk tahun ini peningkatan penyaluran kredit di Pesisir Selatan mulai membaik. Bahkan meningkatkan dibandingkan dengan tahun lalu," kata Pimpinan Cabang Bank Nagari Painan, Helfiyanrika pada Covesia.com, Rabu (1/12/2021). 

Menurutnya, peningkatan kredit tersebut terjadi disebabkan mulai membaiknya kondisi atau perkembangan ekonomi masyarakat di daerah Pesisir Selatan. 

Terutama disektor perdagangan dan komoditi pertanian serta perkebunan sudah mulai berjalan normal. 

"Kita lihat, harga dari komoditi pertanian kita di Pesisir Selatan mulai normal seperti harga kelapa sawit dan padi. Sehingga, realisasi kredit kita juga meningkat. Begitupun dengan kredit yang macet sudah berkurang," ujarnya. 

Kemudian, dari peningkatan penyaluran kredit itu, penyumbang paling tinggi adalah kredit konsumtif yang mencapai Rp851 miliar dan kredit produktif Rp185 miliar, termasuk Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Jadi kini, pertumbuhan kredit hingga periode tersebut jauh melebihi penghimpunan dana pihak ketiga yang hanya Rp383,1 miliar," ucap Helfi. 

Lanjutnya, mudah-mudahan tahun depan perekonomian daerah semakin membaik. Sehingga penyaluran kredit melalui Bank Nagari pun juga kian meningkat. 

"Mudah-mudahan berbagai upaya pemulihan ekonomi yang dilakukan pemerintah terus membuahkan hasil," tutupnya. 

(ind)


Berita Terkait

Baca Juga