Material Menumpuk Pasca Tanah Longsor di Deli Serdang, Tim Gabungan Lakukan Pembersihan

Material Menumpuk Pasca Tanah Longsor di Deli Serdang Tim Gabungan Lakukan Pembersihan Sumber Foto: Humas BNPB

Covesia.com – Peristiwa tanah longsor yang terjadi di wilayah Deli Serdang, Sumatera Utara pada Senin (15/11/2021) pukul 20.20 WIB menimpa sejumlah lokasi perumahan warga dan juga wilayah aliran sungai. Kejadian ini mengakibatkan tumpukan material berupa batang pohon dan lumpur yang menimpa rumah warga.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, selain menyebabkan kerusakan rumah warga, material ini juga menyebabkan penumpukan material pada Daerah Aliran Sungai (DAS). Pengerahan alat berat dilakukan untuk melakukan pembersihan lumpur. Wilayah seputaran sungai dilakukan pengerukan lumpur pasca tanah longsor, untuk mendapatkan kedalam sungai yang ideal. 

"Sebelumnya dilaporkan, terdapat satu warga meninggal dunia, satu orang luka dan 31 jiwa terdampak akibat kejadian ini," ungkap Muhari, dalam rilis pers, Selasa (16/11/2021). 

Dia mengatakan, BPBD Kabupaten Deli Serdang bersama tim gabungan meliputi Kadis PU Deli Serdang, Kecamatan Sibolangit, Kabid Linjamsos Dinsos Deli Serdang, Kades Rumah Kinangkung, Tagana Deli Serdang, Banser Deli Serdang dan masyarakat telah dan terus bergotong royong untuk melakukan penanganan darurat dan memberikan bantuan kepada warga terdampak.  

Merujuk informasi dari PVMBG mengenai potensi gerakan tanah di Kabupaten Deli Serdang, pada November 2021, terdapat dua kecamatan dengan potensi menengah hingga tinggi yakni Kecamatan Bangunpurba dan Kecamatan Biru-Biru. 

Selain itu, terdapat tiga kecamatan dengan potensi menengah yakni Kecamatan Batangkuis, Kecamatan Delitua, dan Kecamatan Galang. (ril)

Berita Terkait

Baca Juga