Satu Unit Rumah Warga Talu Pasbar Rusak Berat Dihantam Longsor

Satu Unit Rumah Warga Talu Pasbar Rusak Berat Dihantam Longsor Satu Unit Rumah Warga di Talu Pasbar dilaporkan Rusak Berat dihantam Longsor, Kamis (11/11/2021)(Istimewa)

Covesia.com - Satu unit rumah semi permanen milik warga di Jorong Paroman Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mengalami rusak parah dan dipenuhi material usai dihantam longsor, Kamis (11/11/2021) dini hari tadi. Kepala Markas Palang Merah Indonesia Pasaman Barat, Rida Warsa mengatakan beruntung saat kejadian pemilik rumah tidak terkena hantaman material longsor.

"Rumah yang dihantam longsor itu milik Fauzi berukuran 4x7 meter. Kondisi rumah itu cukup parah. Namun saat longsor penghuni rumah sudah terlebih dahulu pergi mengungsi ketempat yang aman," terang Rida Warsa.

Rida menyebut daerah itu memang rawan longsor jika sewaktu-waktu hujan turun dengan intensitas tinggi. "Di kampung ini kalau hujan sudah lebih dari tiga jam maka warga akan mengungsi karena daerah itu rawan longsor dan banjir," katanya.

Ia juga menyebutkan bahwa rumah yang dihantam longsor saat ini juga dahulunya pernah dihantam longsor, namun cuma terasnya saja. Saat ini material longsor masuk ke dalam rumah dan juga membuat rumah itu sedikit bergeser karena dihantam tanah, batu dan kayu.

"Ada sekitar 10 rumah yang terancam dihantam longsor dan pemiliknya masih mengungsi," katanya.

Ia menyebutkan dari data nagari atau desa ada sekitar 70 kepala keluarga yang terancam banjir dan longsor.

"Saat ini hujan sudah reda dan jika sore nanti kembali hujan maka disarankan warga mengungsi sementara mengantisipasi longsor dan banjir susulan," harapnya.

Pihaknya juga merencanakan akan membuat dapur umum nantinya bagi warga yang mengungsi. 

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga