Dampak Pandemi, Bank Nagari Syariah Maksimalkan 'Mobile Banking'

Dampak Pandemi Bank Nagari Syariah Maksimalkan Mobile Banking Ilustrasi Bank Nagari (Foto: Covesia)

Covesia.com - Pandemi COVID-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia turut terdampak pada bisnis perbankan, penerapan protokol kesehatan membuat kunjungan nasabah disejumlah bank mengalami penurunan akibat adanya pembatasan kontak langsung dalam menghindari kerumunan.

Hal tersebut juga dirasakan oleh Bank Nagari Syariah, Bank yang bernaung di Sumatera Barat itu mengakui mengalami penurunan kunjungan nasabah. Kendati begitu Bank Nagari Syariah terus berinovasi agar tetap eksis ditengah pandemi.

Pemimpin Cabang Bank Nagari Syariah Padang, Heri Fitrianto mengatakan Bank Nagari Syariah menyiapkan berbagai prodak digital dan memaksimalkan pengunaan 'mobile banking' dalam mengatasi penurunan kunjungan nasabah.

"Memang terjadi sedikit penurunan dari segi kunjungan nasabah akibat pandemi, namun hal itu kita antisipasi dengan prodak digital kita. Memang awalnya mengalami sedikit kendala dalam hal penerapan transaksi secara digital, namun tidak berpengaruh besara karena kita memiliki teknologi yang terbilang mempuni," ujar Heri.

"Sedangkan dari sisi nasabah, pihak bank sendiri juga sering memberikan edukasi bagaimana bertransaksi secara digital, khususnya bagi para nasabah yang mengalami kesulitan dalam menggunakan produk digital. Selain itu, kami juga rutin mengadakan webinar bertajuk Pojok Syariah guna terus mengedukasi para nasabah kami," terangnya.

Heri mengungkapkan, biarpun terjadi penurunan jumlah kunjungan nasabah, namun secara umum jumlah nasabah Bank Nagari Syariah terus mengalami penambahan. Tahun ini tercatat terjadi penambahan nasabah sebesar 35 hingga 38 persen.

"Memang, jumlah nasabah yang datang ke bank berkurang, tapi tidak mengganggu rata-rata jumlah transasksi. Bahkan, pembiayaan kredit kami saat ini meningkat tajam dibandingkan sebelumnya," sebutnya.

Dalam meningkatkan nasabah, Bank Nagari Syariah juga meluncurkan tiga produk unggulannya di tengah pandemi, ketiga prodak ini Tabungan Haji Bank Nagari (Tahari) Junior, Sikoci Umrah dan Sikoci Qurban.

Ketiga prodak tersebut diluncurkan pada bulan Juni 2021 lalu yang telah digunakan oleh ratusan nasabah Bank Nagari.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga