Presiden Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Presiden Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Presiden Jokowi saat menjadi inspektur upacara pada Upacara Ziarah Nasional dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan tahun 2021, Rabu (10/11/2021) pagi, di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama, Kalibata, Jakarta.(Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Pres

Covesia.com - Hari Rabu tanggal 10 November 2021 rakyat Indonesia memperingati Hari Pahlawan Nasional. Dalam mengenang jasa-jasa para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, pemerintah menggelar upacara bendera di Taman Makan Pahlawan Nasional Utama di Kalibata, Jakarta Selatan.

Presiden Joko Widodo memimpin langsung upacara, sedangkan Komandan Upacara didapuk oleh Kolonel marinir Danuari.

Ditengah upacara sirine dibunyikan dalam mengenang jasa para pahlawan pada pertempuran 10 November 1945.

"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai," ucap Presiden.

Presiden lalu meletakkan karangan bunga dan diikuti dengan pembacaan doa bagi arwah para pahlawan yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. 

Upacara diakhiri dengan penghormatan terakhir kepada arwah pahlawan yang dipimpin oleh Komandan Upacara. 

Upacara diakhiri dengan tabur bunga oleh Presiden yang dudampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Hari Pahlawan diperingati untuk mengenang jasa para pahlawan serta tragedi pada 10 November 1945 di Surabaya.

Pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran di Surabaya. Pertempuran tersebut merupakan perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Pada hari bersejarah itu merupakan pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

(dnq)


Berita Terkait

Baca Juga