Isu KLB Partai Demokrat, Anggota DPR Ini Yakin Rencana Kudeta Takkan Berhasil

Isu KLB Partai Demokrat Anggota DPR Ini Yakin Rencana Kudeta Takkan Berhasil Anggota DPR RI dari Partai Demokrat, Rezka Oktoberia (Foto: Angga)

Covesia.com - Kisruh internal Partai Demokrat yang kian larut dalam isu Kudeta Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berujung pada rencana Kongres Luar Biasa (KLB) oleh beberapa tokoh partai Demokrat. Namun, rencana pelengseran ini diyakini tidak akan berhasil oleh anggota DPR RI dari Partai Demokrat, Rezka Oktoberia.

"KLB ini tidak akan mudah dilakukan karena sudah masuk dalam diskonstitusional terhadap AD/ART partai Demokrat. Jadi rencana untuk melaksanakan KLB untuk melengserkan AHY, saya yakini tidak akan berhasil," sebut Rezka Oktoberia kepada Covesia.com di sela resesnya di Kota Payakumbuh, Senin (1/3/2021).

Selain itu, Pertimbangan meyakini KLB tidak akan bisa terlaksana didasari dengan pernyataan sikap 34 DPD Partai Demokrat seluruh Indonesia yang menolak KLB. 

"Kami para kader dan pengurus DPD Partai Demokrat di seluruh Indonesia sudah solid dan menyatakan sikap untuk setia kepada pak SBY dan AHY. Jadi rencana maupun isu KLB ini hanya dihembuskan oleh segelintir oknum saja. Itupun mereka sudah dikenakan sanksi oleh partai," kata Rezka.

Untuk Sumatera Barat sendiri, Rezka mewakili seluruh Kader dan Pengurus Partai Demokrat Sumatera Barat menolak rencana KLB. Walaupun ada lobby yang disampaikan oleh beberapa oknum di pusat agar mendukung KLB.

"Kami di Sumbar semuanya solid ke AHY dan tegas menolak KLB. Memang ada beberapa oknum yang mencoba melobby DPD di Sumbar. Tapi langsung kami tolak. Ini berdasarkan bukti-bukti yang kami dapatkan dan bukti itu mengarah untuk merusak kestabilan partai," ucapnya. 

"Jadi saya tekankan lagi. 34 DPD Partai Demokrat sebagai pemilik hak suara, itu tegak lurus terhadap Ketua Umum AHY dan AD/ART," tutupnya.

Sebelumnya AHY menuding ada pihak yang hendak melengserkannya dengan menggulirkan isu KLB.

Beberapa pihak yang diduga terlibat ialah para mantan pengurus Demokrat yakni Darmizal, Marzuki Alie, Muhammad Nazaruddin, dan politisi aktif Demokrat Jhoni Alen Marbun.

Selain itu, AHY juga menyatakan, ada pejabat di lingkungan Istana Kepresidenan yang terlibat dalam upaya pelengserannya dengan menggulirkan isu KLB. Pejabat yang dimaksud ialah Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko. 

(agg)

Berita Terkait

Baca Juga