Kementerian Kominfo Buka Kesempatan Program Beasiswa S2 Dalam Negeri

Kementerian Kominfo Buka Kesempatan Program Beasiswa S2 Dalam Negeri

Covesia.com - Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika (Balitbang SDM Kemenkominfo) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Bidang Komunikasi dan Informatika Tahun Anggaran 2020, di salah satu hotel berbintang di Kota Padang, Jumat (14/2/2020).

Dalam sosialisasi itu dihadiri oleh 100 peserta yang berasal dari Aparatur Sipil Negara, wiraswasta dan karyawan swasta. 

"Sosialisasi yang rutin dilaksanakan setiap tahun menjelang proses penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi mitra ini untuk pertama kalinya pada Tahun 2020 dilaksanakan di Kota Padang," sebut Sekretaris Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Dra. Haryati, M.IKom, di Padang.

Ia menyampaikan bahwa tujuan sosialisasi ini adalah untuk menyebarkan informasi dan meningkatkan pengetahuan masyarakat luas terkait Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Kementerian Kominfo.

Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Bidang Komunikasi dan Informatika bertujuan untuk mencetak Government Public Relations dan Chief Information Officer untuk mendukung pelaksanaan e-government di instansi pemerintah pusat dan daerah. 

”Sejak tahun 2019, kami mulai membuka Program Beasiswa S2 Bidang Komunikasi dan Informatika ini untuk masyarakat umum. Kami berharap dengan terbukanya Program Beasiswa ini bagi masyarakat umum, kami dapat mendukung peningkatan mutu dan daya saing professional bidang kehumasan dan Chief Information Officer (CIO) di instansi swasta. Selain itu, kami juga berharap bahwa dengan adanya Program Beasiswa ini dapat mendorong pengembangan karir dan peningkatan daya saing masing-masing penerima beasiswa serta mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kecerdasan bangsa” jelas Haryati.

Melalui kegiatan ini, peserta Sosialisasi dapat bertemu langsung dengan perwakilan Perguruan Tinggi mitra Program Beasiswa dan mendapatkan informasi dari pengelola beasiswa masing-masing perguruan tinggi yang memaparkan profil perguruan tinggi, kurikulum pendidikan magister, persyaratan dan prosedur penerimaan di Perguruan Tinggi.

Haryati menambahkan, para peminat bisa mendaftarakan diri pada mitra perguruan tinggi dengan Kementerian Kominfo, yakni Magister Ilmu Komunikasi Fisip USU, S2 Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Andalas, S2 Ilmu Komunikasi UGM, S2 Manajemen Keamanan Jaringan Informasi (MKJI) Fakultas Teknik UI, S2 ilmu Komunikasi  UNS, Sekolah Tinggi Elektro dan Informatika ITB, Program PascaSarjana Teknik Elektro ITS dan Magister Teknologi Informasi UGM.

"Nantinya mereka yang lulus tidak ada beban biaya untuk mengikuti perkuliahan sedikit pun, alias gratis dan juga mendapat biaya hidup sebesar Rp 1,5 juta per/ bulan, kemudian biaya tambahan lain untuk penunjang pendidikan," ungkap Haryati.

Namun, tambah Haryati jika mereka tidak menuntaskan pendidikan mereka selama 2 tahun atau 4 semester, mereka akan dibebankan dengan biaya sendiri lagi.

(ril/don)



Komentar