Tips Mengatasi Mata Kering Karena Penggunaan Masker

Tips Mengatasi Mata Kering Karena Penggunaan Masker Ilustrasi (Pixabay)

Covesia.com - Jika Anda memakai masker sepanjang hari dan tidak mengalami masalah, Anda mungkin baik-baik saja. Tetapi bagi Anda yang mengalami gejala mata kering sebaiknya segera melakukan tindakan karena kondisi ini bisa menjadi masalah yang mengganggu. Berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebuti, dikutip dari Antara, Sabtu(5/9/2020).

Ahli optometri dari UCLA Health, Shibayama mengatakan, langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk membantu meringankan mata kering memastikan masker Anda pas.

Pastikan masker menutupi hidung Anda lalu pengait atau talinya terpasang baik di telinga.

Jika ini tidak berhasil, pakar kornea di Wills Eye Hospital, Aditya Kanesa-thasan merekomendasikan menyelipkan lipatan tisu ke dalam masker untuk menambahkan bantalan ekstra ke tepi atas masker. Cara ini mirip seperti menempatkan handuk di bawah pintu untuk menghindari angin masuk.

Di malam hari, Anda mengompres mata Anda dengan air hangat. Cukup basahi waslap dengan air hangat dan letakkan di mata Anda selama beberapa menit.

Cara ini bisa membantu merangsang kelenjar Meibom pada kelopak mata. Meibom bertanggung jawab pada lapisan luar berminyak pada air mata dan mendorong lebih banyak minyak keluar dari kelenjar, kata Shibayama.

Dengan lebih banyak minyak di air mata Anda, lubrikasi pada mata Anda akan cenderung tidak menguap dengan cepat.

Shibayama mengatakan, jika mata kering Anda karena pemakaian masker terjadi parah, memakai kacamata tertutup bisa membantu.

Namun yang terpenting, bicarakan dengan dokter mata jika Anda mengalami masalah dengan mata kering terkait masker.

“Saya ingin menekankan pentingnya memakai masker, tetapi ini tidak berarti Anda harus merasa tidak nyaman,” ujar Kanesa-thasan.

(ant/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga