Tiga Efek Pada Tubuh Akibat Masturbasi

Tiga Efek Pada Tubuh Akibat Masturbasi Ilustrasi

Covesia.com - Sebagian besar pria dan wanita pernah melakukan masturbasi. Bahkan sebuah studi yang dilakukan pada 5.000 pria dan wanita berusia 18-34 tahun menemukan bahwa sebanyak 94 persen pria rutin bermasturbasi, sedangkan 83 persen wanita juga melakukan hal yang sama.

Saat bermasturbasi, tubuh akan merespon rangsangan dengan cara yang berbeda-beda. Berikut ini adalah tiga efek yang ditimbulkan jika kamu sering melakukan masturbasi :

 1. Mencegah kanker prostat

Sebuah studi di Harvard Medical School mengamati kehidupan seks 32.000 pria sehat selama 18 tahun. Sebanyak 3.839 di antaranya kemudian didiagnosis menderita kanker prostat.

Para peneliti pun menanyakan kepada para pria tentang seberapa banyak mereka bermasturbasi dalam waktu sebulan. Hasilnya cukup mengejutkan, pria berusia 40-49 tahun yang mengalami ejakulasi sebanyak 21 kali atau lebih dalam sebulan berisiko 22 persen lebih rendah terkena kanker prostat.

2. Penghilang stres dan nyeri

"Pada pria dan wanita, bermasturbasi itu bisa melepaskan stres dan menjadi waktu untuk berkomunikasi dengan diri sendiri. Bahkan memberikan kepuasan diri tersendiri," kata seorang pakar holistik, Dr Jordan Tishler.

Masturbasi juga terbukti bisa membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak dan mengurangi rasa sakit saat menstruasi.

3. Kecanduan

Tidak semua efek dari masturbasi itu baik. Seorang terapis bernama Dee Wagner mengatakan masturbasi bisa menyebabkan rasa ingin menghindar untuk berhubungan intim dengan orang lain. Bahkan kecemasan yang terjadi bisa berlangsung cukup lama.

Kecanduan masturbasi tak hanya berdampak buruk pada kesehatan mental, tetapi juga bisa berbahaya karena kamu akan membutuhkan rangsangan yang lebih banyak untuk mendapatkan hasil yang sama.

(detik.com)

Berita Terkait

Baca Juga