Tahun Lalu, 14.062 Warga Kota Pariaman Derita Penyakit pada Sistem Otot dan Jaringan Pengikat

Tahun Lalu 14062 Warga Kota Pariaman Derita Penyakit pada Sistem Otot dan Jaringan Pengikat Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pariaman, Syahrul

Covesia.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pariaman, mencatat penyakit pada sistem otot dan jaringan pengikat, merupakan penyakit terbanyak yang dialami warga kota tersebut sepanjang tahun 2019 kemarin.

"Dari data yang kami catat, setidaknya ada 14.062 orang yang menderita penyakit pada sistem otot dan jaringan pengikat ini, yaitu seperti penyakit tulang belakang, radang sendi dan rematik tersebut," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pariaman, Syahrul kepada covesia pada Jumat (7/2/2020).

Selain itu kata Syahrul, juga ada penyakit terbanyak lainnya yang ada di daerah tersebut, yaitu penyakit infeksi akut pada saluran pernapasan bagian atas, ada sebanyak 12.495 kasus yang terjadi.

"Kemudian juga ada sebanyak 5.725 kasus penyakit lain yang terjadi pada saluran pernapasan bagian atas di kota ini," ujar Syahrul.

Selanjutnya kata Syahrul, penyakit gastritis ada sebanyak 4.706 kasus. Kemudin Diabetes Mellitus (DM) sebanyak 3.944 kasus, penyakit Febris ada sebanyak 3.424 kasus dan penyakit kulit infeksi sebanyak 3.286 kasus.

Penyakit selanjutnya Hipertensi yaitu sebanyak 2.714 kasus, penyakit kulit alergi sebanyak 2.582 kasus, dan diare (tersangka kolera) ada sebanyak 1.846 kasus.

Terkait dengan sejumlah penyakit tersebut, Syahrul menghimbau agar masyarakat untuk lebih meningkatkan lagi dalam menjaga kesehatan.

"Sehingga penyakit-penyakit tersebut setidaknya bisa berkurang," katanya.

(per)


Berita Terkait

Baca Juga