Kadis Kesehatan Sumbar: Dengan Mengentaskan Obesitas Banyak Penyakit yang Dicegah

Kadis Kesehatan Sumbar Dengan Mengentaskan Obesitas Banyak Penyakit yang Dicegah Kedis Kesehatan Sumbar Merry Yuliesday mars (Foto: Laila Marni/Covesia)

Covesia.com - Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat (Sumbar), Merry Yuliesday mars mengatakan bahwa dengan mengentaskan obesitas banyak penyakit yang dapat dicegah.

"Obesitas bukan penyakit yang sepele, dengan mengentaskan obesitas penyakit lain seperti diabetes dan hipertensi bisa dikurangi," ungkapnya kepada awak media di halaman kantor Gubernur Sumbar, Rabu (6/11/2019).

Lebih lanjut Kadis Kesehatan itu mengatakan biaya hidup penderita obesitas 2 sampai 3 kali biaya hidup orang biasa. "Obesitas tidak main-main bahkan bisa berujung cuci darah," terangnya.

Ia mengatakan dengan melounching CARTA Obesitas ini bentuk kepedulian kami bahwa kegemukan bukanlah hal yang bagus.

Ia menyarankan untuk mengurangi mengonsumsi fast food, garam, serta gula. "Usahakan kalau minum jus minumlah jus wortel atau jus tomat tanpa gula, ini sangat sehat," ungkapnya.

Senada dengan Merry, Ahli penyakit dalam yang juga merupakan guru besar di Universitas Andalas, Eva Decroli mengatakan bahwa konsumsi buah dan sayur dapat mengurangi lemak dan keluarga akan menjadi sehat.

"Hindarilah mengonsumsi makanan yang berlemak karna dapat menimbulkan lemak jenuh dan berujung obesitas," ungkapnya.

Tak hanya itu, ia pun mengatakan bahwa masakan Minang baik untuk dikonsumsi dan juga kesehatan. "Saya menyarankan masakan Minang yang dimasak di rumah oleh orangtua kita, bukan masakan Minang yang di restoran," pungkasnya.

Kontributor Padang: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga