Manfaat Mengejutkan dari Ikan Gabus, Salah Satunya Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat Mengejutkan dari Ikan Gabus Salah Satunya Mempercepat Penyembuhan Luka ikan gabus

Covesia.com - Ikan gabus merupakan ikan tawar yang memiliki rasa yang tak kalah lezat dari ikan lainnya. Walaupun kalah populer dengan ikan tuna maupun salmon, ikan gabus atau channa striata memiliki jenis kandungan gizi yang lebih tinggi. 

Kandungan protein ikan gabus sebesar 25,5%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan bandeng 20,0%, ikan mas 16,0%, ikan kakap 20,0%, ataupun ikan sarden sebesar 21,1%.

Berikut manfaat ikan gabus yang mengejutkan untuk anda dikutip covesia dari laman hellosehat.

1. Pembentukan dan pertumbuhan otot

Ikan gabus mengandung kandungan protein yang lebih tinggi dibanding kadar protein yang terdapat pada ikan lele maupun pada ikan mas atau nila. Dari 100 gram ikan gabus anda dapat memperolah 25,2 gram protein.

Coba anda bandingkan dengan kadar protein untuk  per 100 gramnya  yang terdapat pada ayam yang hanya 18,2 gram, pada daging sapi hanya 18,8 gram, maupun telur yang hanya 12,8 gram.

Kandungan protein yang tinggi akan menguntungkan anda sebab akan banyak membantu dalam proses pembentukan otot pada tubuh anda.

2. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Zat albumin juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Jika kondisi cairan dalam tubuh Anda berkurang, maka protein yang masuk ke dalam tubuh akan pecah sehingga tidak dapat berfungsi secara normal. Kandungan normal albumin dalam tubuh mencapai 60%.

3. Memperbaiki gizi buruk

Manfaat ikan gabus juga dapat memperbaiki gizi buruk yang banyak dialami oleh bayi, balita, anak maupun ibu hamil. Dalam 100 gr gabus saja, sudah sangat cukup memenuhi berbagai kebutuhan gizi yang sangat penting untuk kesehatan terutama untuk bayi.

4. Sehat untuk pencernaan

Ikan gabus mempunyai struktur daging yang lebih empuk, sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan pencernaan. Hal ini karena ikan gabus memiliki protein kolagen yang lebih rendah dibanding kadar protein yang terkandung pada daging. Ikan gabus hanya memiliki 3% hingga 5% dari total kandungan protein kolagen.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Bagaimana dengan peran gabus untuk mempercepat penyembuhan luka? Apakah benar gabus memiliki manfaat tersebut? Ya, ini karena gabus memiliki protein, khususnya asam amino dan asam lemak. 

Berdasarkan penelitian, asam amino pada gabus memicu produksi kolagen yang dapat meningkatkan kekuatan dan elastisitas kulit. Dibantu dengan adanya kandungan glisin, asam arakidonat dan asam lemak, ikan gabus terbukti dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Konsumsi ikan gabus secara rutin dan teratur juga dapat memberikan efek antinyeri. Pada suatu penelitian dikatakan bahwa ikan gabus memiliki kandungan yang dapat meningkatkan efek antinosiseptif. Efek tersebut mampu meringankan rasa nyeri yang terjadi akibat adanya luka. 

Tidak hanya sebatas itu, obat anti-nyeri yang dikombinasikan dengan konsumsi ikan gabus juga memberikan efek yang lebih maksimal. Studi mengatakan bahwa pemberian ekstrak ikan gabus dapat mengurangi intensitas nyeri yang dirasakan pasien usai operasi.

Terbukti sudah bahwa ikan gabus memang mampu mempercepat penyembuhan luka. Ikan ini bahkan bisa memberikan manfaat yang lebih banyak lagi apabila dikonsumsi secara rutin, teratur dan pada porsi yang sesuai. 

Kendati begitu, anda yang sensitif atau punya alergi terhadap jenis makanan tertentu sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum menyantap olahan ikan gabus. Karena, tidak menutup kemungkinan konsumsi ikan gabus memicu timbulnya reaksi alergi. 

Selain itu, meski dapat mempercepat penyembuhan luka dan memberikan segudang manfaat sehat lainnya, hingga saat ini ikan gabus tetap tidak bisa dijadikan terapi utama untuk menggantikan obat dari dokter.

Karenanya, sangat penting untuk tetap melanjutkan terapi yang diberikan oleh dokter dan berkonsultasi terlebih dahulu jika anda ingin mengonsumsi ikan gabus guna mendapatkan manfaat sehatnya.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga