Pemerintah Tetapkan Usia Minimal Nikah 19 Tahun, Apakah Bisa Kurangi Risiko Pernikahan Dini?

Pemerintah Tetapkan Usia Minimal Nikah 19 Tahun Apakah Bisa Kurangi Risiko Pernikahan Dini ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - DPR telah mengesahkan revisi UU Perkawinan Pasal 7 ayat 1 UU Nomor 1 Tahun 1974 dalam rapat paripurna yang telah berlangsung Senin, (16/9/2019) lalu. Disepakati usia minimum menikah baik bagi laki-laki dan perempuan menjadi 19 tahun. Sebelumnya untuk laki-laki adalah 19 tahun dan perempuan 16 tahun.

Baca: Revisi RUU Perkawinan Disahkan DPR: Usia Minimal Nikah 19 Tahun

Meskipun demikian praktik pernikahan di bawah umur masih sering kali terjadi. Dengan berbagai alasan mulai dari kemiskinan, pendidikan yang rendah, dan lain sebagainya. Namun, hal yang paling utama harus dipikirkan kembali adalah resiko kesehatan bagi yang melakukan pernikahan dini.

Berbagai resiko baik kesehatan maupun mental mengancam calon ibu muda dari yang melakukan pernikahan ini. Dilansir covesia.com dari berbagai sumber berikut 4 Resiko yang kemungkinan besar bisa terjadi pada pasangan usia dini.

1. Rentan terjadi KDRT

Perempuan yang menikah di usia dini amat rentan terkena kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Hal tersebut dikarenakan mental sang suami yang masih belum sttabil dan dewasa. Usia dini adalah saat yang labil apalagi dalam mengendalikan emosi.

2. Kematian ibu dan bayi

Reproduksi seorang perempuan yang masih berusia di bawah 21 tahun biasanya secara psikologi belum siap. Hal tersebut berdampak bagi ibu dan bayi hingga menyebabkan keguguran dan kematian.

3. Kemampuan asuh yang belum maksimal

Selain resiko kehilangan nyawa bagi ibu dan anak, kemampuan dan pola asuh pasangan yang menikah di usia dini belum bisa dikatakan baik. Hal tersebut dikarenakan belum adanya perencanaan yang matang dari keduanya.

4. Berujung perceraian

Perselisihan dan perbedaan pendapat dalam hubungan rumah tangga adalah hal yang biasa. Namun, bila terjadi pada pasangan yang menikah disuia dini bisa jadi faktor untuk bercerai. Sebab cara berpikir dan bersikap yang belum dewasa.

Dari 4 resiko tersebut belum dijelaskan bagaimana dengan resiko psikologis pasangan usia dini ini. Bagaimanakah akan menjalani biduk rumah tangga, mengasuh anak, mempersiapkan segala sesuatu untuk suami atau istri.

Apalagi menikah di usia sekolah, kebanyakan akan mengakhiri masa sekolah dan kurang menikmati masa muda. Nah, sebelum memutuskan untuk buru-buru menikah, pelajari dulu lebih lanjut dampak negatif dari menikah di usia dini ini agar tak terjadi hal yang tak diinginkan.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga