7 Manfaat Menakjubkan Bila Anda Rutin Konsumsi Buah Matoa

7 Manfaat Menakjubkan Bila Anda Rutin Konsumsi Buah Matoa Buah matoa

Covesia.com - Pernah dengar buah matoa? Mungkin sebagian besar merasa asing dengan jeni buah ini. Padahal, pohon matoa termasuk salah satu tanaman asli Indonesia. Tanaman yang tingginya dapat mencapai delapan belas meter ini banyak ditemukan di daerah Papua.

Uniknya, rasa buah matoa seperti campuran dari beberapa buah kelengkeng, rambutan dan durian. Penasaran apa saja manfaat buah matoa? Yuk simak penjelasannya di sini.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat menakjubkan pertama dari buah matoa adalah bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah matoa, dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh kamu akan terlindungi dari serangan virus dan berbagai macam penyakit.

Menghilangkan stres

Buah matoa merupakan buah yang sangat ajaib lho, karena selain memiliki rasa yang unik dan lezat, buah ini juga mengandung beberapa senyawa, yang dapat digunakan sebagai obat penenang alami. Kandungan vitamin E yang tinggi pada buah matoa, mampu menghilangkan stres.

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin E yang tinggi pada buah matoa, tak hanya mampu menghilangkan stres saja, namun juga bisa membantu menjaga kesehatan kulitmu. Vitamin E tersebut, mampu meningkatkan regenerasi sel kulit, yang nantinya dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit, seperti kerutan dan garis halus pada wajah. Selain itu, vitamin E tersebut juga dapat menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.

Menurunkan risiko kanker

Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah matoa, dapat mencegah tumbuhnya sel kanker yang berasal dari karsinogen (zat yang mempromosikan kanker). Selain itu, kandungan vitamin C pada buah matoa, akan membantu mengaktifkan antioksidan tersebut, yang nantinya akan membantu menurunkan risiko seseorang terkena kanker.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Buah matoa bisa menurunkan tekanan darah tinggi berkat kandungan zat yang bersifat diuresis, yaitu meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan dari tubuh. Tidak hanya buahnya saja, ekstrak dari biji dan daunnya juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Jika kadar cairan di dalam tubuh tinggi akan membuat tekanan darah meningkat. Jadi, jika kadar cairan dalam tubuh normal bisa membuat tekanan darah turun.

Menangkal penyakit kronis

Manfaat buah matoa lainnya adalah untuk menangkal penyakit kronis. Pasalnya, buah matoa memiliki kandungan zat tannin yang merupakan antioksidan.

Antioksidan sendiri merupakan penangkal utama radikal bebas yang menyerang tubuh. Radikal bebas yang masuk dalam tubuh bisa menyebabkan sel-sel rusak hingga menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit, stroke dan diabetes.

Meningkatkan kesuburan wanita

Buah matoa mengandung vitamin E dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesuburan wanita. Vitamin E yang ada di buah matoa mengandung antibodi yang bisa melindungi telur dan meningkatkan kesuburan sebesar 20-30%.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga