9 Makanan ini Dipercaya Bisa Tingkatkan Stamina Pria, Apa Saja itu?

9 Makanan ini Dipercaya Bisa Tingkatkan Stamina Pria Apa Saja itu ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Memiliki kehidupan seksual yang sehat sekaligus memuaskan berhubungan erat dengan kesehatan fisik dan mental kedua belah pasangan. Ketika kenikmatan hubungan seks berkurang akibat stamina pria yang menurun, itu juga bisa berdampak pada tingkat percaya dirinya. Jika rasa kepercayaan diri sirna, kehidupan seksual ikut memburuk.

Daftar makanan pembangkit stamina pria

Daripada mengonsumsi obat kuat, apalagi herbal, yang tak jelas kandungannya, lebih baik coba yang lebih alami untuk meningkatkan stamina. Caranya adalah dengan mengonsumsi deretan makanan di bawah ini dikutip covesia.com dari laman klikdokter:

Tiram

Tiram atau oyster sudah lama diketahui dapat meningkatkan stamina dan gairah seksual, baik pada pria maupun wanita. Hal ini karena tiram dapat meningkatkan kadar hormon testosteron dan estrogen.

Selain tiram, aneka kerang seperti kerang kampak (scallop) juga memiliki kandungan sama pengaruhnya terhadap stamina dan libido. Selain itu, kandungan zink pada kerang-kerangan—begitu juga lobster dan kepiting juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke organ seksual pria maupun wanita.

Daging

Aneka daging seperti ayam atau sapi juga dapat meningkatkan stamina pria. Bahan makanan ini mengandung karnitina dan L-arginine. Keduanya merupakan asam amino yang dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Selain itu, daging juga kaya akan zink. Seperti disebutkan pada poin pertama, zink dapat meningkatkan sirkulasi darah ke organ seksual pria dan wanita.

Salah satu gangguan sirkulasi darah yang memengaruhi kehidupan seksual dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Pada orang-orang yang menerapkan pola makan vegetarian, daging bisa diganti dengan biji-bijian, kacang-kacangan, dan produk susu.

Ikan salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, omega-3 juga baik untuk kesehatan pembuluh darah. Omega-3 dapat mencegah terjadinya plak pada arteri, sehingga meningkatkan sirkulasi darah tubuh termasuk organ seksual. Selain salmon, ikan lainnya seperti tuna dan halibut juga baik untuk stamina pria.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian dapat meningkatkan sirkulasi darah. Kacang mete dan almon mengandung zink, sedangkan walnut, hazelnut, kacang tanah, biji pumpkin, dan biji bunga matahari mengandung L-arginine.

Apel

Apel populer dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk mampu memperbaiki kehidupan seksual. Apel kaya akan zat besi yang membantu menjaga kadar hemoglobin dalam tubuh. 

Hemoglobin merupakan molekul dalam sel darah merah yang menghantarkan pasokan oksigen untuk berbagai jaringan tubuh. Dengan memastikan kecukupan pasokan oksigen, stamina tubuh dapat terus terjaga.

Seperti buah beri, apel juga kaya akan antioksidan quercetin yang berperan dalam meningkatkan sirkulasi darah, selain mengendalikan gejala prostatitis dan interstitial cystitis (IC). 

Prostatitis adalah peradangan pada kelenjar prostat yang dapatmenyebabkan ketidaknyamanan testis dan nyeri saat ejakulasi. IC, atau sindrom kandung kemih, juga dapat mempersulit hubungan seks bagi pria dan wanita.

Red wine

Satu atau dua gelas anggur merah dapat membantu meningkatkan gairah seksual pria dan wanita. Terlebih lagi, anggur merah dapat membantu lubrikasi pada wanita. Anggur merah juga mengandung quercetin.

Pisang

Pisang kaya akan karbohidrat, kalium, dan serat, sehingga dapat dikonsumsi untuk meningkatkan energi saat berhubungan seks agar tak cepat lelah.

Alpukat

Buah ini mengandung vitamin B6, kalium, asam lemak, dan omega-3 yang tinggi. Dengan adanya zat gizi tersebut, alpukat dapat membantu mendongkrak stamina seks.

Cokelat

Cokelat bisa membantu menjaga stamina seksual karena mengandung phenylethylamine dan alkaloid. Phenylethylamine menjaga kualitas mood selama seks berlangsung, sedangkan alkaloid dapat meningkatkan energi yang otomatis dapat meningkatkan stamina di ranjang.

Perlu diketahui, upaya untuk meningkatkan stamina secara optimal dengan makanan saja sering kali tak cukup. Pastikan juga berat badan ideal, tidak merokok dan hindari paparan asapnya, rutin berolahraga, menjaga kebersihan dan kesehatan organ seks, dan jangan begadang.

Apabila turunnya stamina ini sudah mengganggu berbagai aspek kehidupan anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga