Ini Tanda-tandanya Pasangan Hanya Memanfaatkan Anda

Ini Tandatandanya Pasangan Hanya Memanfaatkan Anda ilustrasi

Covesia.com - Di dalam sebuah hubungan ada teori yang menyatakan bahwa manusia terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu pemberi (givers), penerima (takers), dan penyeimbang (matchers).

Salah satu tipe pasangan yang dapat membahayakan hubungan adalah takers. Orang yang menjalin hubungan dengan para takers ini biasanya cenderung dimanfaatkan oleh pasangannya itu. 

Jika givers atau pemberi adalah orang yang senang memberikan kasih sayang dan memastikan orang yang disayangi baik-baik saja, takers atau penerima merupakan kebalikannya. 

Apa itu takers?

Penerima atau orang yang hanya mengambil (takers) umumnya memperlakukan orang lain secara baik-baik untuk melancarkan tujuan mereka. Biasanya, orang dengan sifat seperti ini cenderung terlihat menarik dan mudah berkomunikasi alias karismatik. 

Para takers sangat memahami cara bersosialisasi dan merayu orang lain agar tujuan mereka cepat tercapai. Anda bisa mengenali orang tipe ini dengan melihat perlakuan mereka terhadap orang yang mungkin tak memberikan manfaat untuk mereka. 

Berhubungan dengan takers bisa membuat anda merasa hanya dimanfaatkan. Biasanya mereka akan memanfaatkan uang, waktu, dan kasih sayang anda untuk memenuhi keinginannya tanpa merasa punya kewajiban untuk berlaku sama. Bahkan, mungkin saja anda ditinggalkan jika keinginannya dirasa telah terpenuhi.  

Agar anda tak terus-menerus dimanfaatkan oleh pasangan, kenali tanda-tandanya berikut ini dikutip covesia.com dari laman hellosehat:

1. Dia lebih sering membicarakan tentang dirinya

Salah satu tanda bahwa anda sedang dimanfaatkan oleh orang lain, terutama pasangan atau orang yang sedang mendekati anda adalah mereka lebih senang membicarakan diri sendiri.

Kepribadian ini dapat termasuk ke dalam kepribadian narsistik. Narsistik tidak sama dengan kepercayaan diri, melainkan lebih menunjukkan perilaku arogan, haus pujian, dan gemar menuntut orang lain tanpa menghargai perasaannya. 

Misalnya saja, saat berkencan, pasangan anda mungkin akan memulai percakapan tentang dirinya. Saat tiba giliran anda berbicara, ia mungkin akan memotong perkataan anda dan kembali ke topik tentang dirinya. 

Hal tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri, seperti meminta solusi dari sebuah masalah tanpa harus mendengarkan masalah anda sendiri.

Coba perhatikan lagi orang yang sedang mendekati atau mungkin sedang berhubungan dengan anda. Apa mereka amat self-center dan jarang menghargai ucapan anda? Jika itu yang terjadi, anda mungkin sedang dimanfaatkan oleh pasangan anda itu.

2. Andalah selalu mengeluarkan uang

Sebenarnya, tidak ada aturan soal siapa yang harus mentraktir siapa ketika berkencan. Namun, saat anda sedang dimanfaatkan oleh pasangan, salah satu tanda yang muncul adalah mereka cenderung menghindar kalau sudah berkaitan dengan uang.

Memang tidak selalu harus pasangan anda yang keluar uang setiap kali anda jalan, tetapi bukan berarti juga setiap anda berdua pergi keluar, andalah yang selalu menanggungnya. 

Seperti yang dijelaskan oleh seorang seksolog, dr. Jess O’Reilly, permasalahan tentang uang adalah salah satu sumber konflik dalam hubungan. Itu sebabnya, masalah ini perlu dibicarakan agar hubungan anda tetap sehat.

Jika pasangan anda terus menolak membiayai kencan anda tanpa alasan yang jelas, bisa jadi anda memang hanya dimanfaatkan oleh dia.  

3. Tidak pernah menghargai anda

Di dalam sebuah hubungan, saling menghargai satu sama lain adalah salah satu kunci utama dari hubungan yang sehat. Ada cara-cara sederhana yang bisa memperlihatkan penghargaan tersebut, misalnya dengan mengucapkan “terima kasih”. 

Ketika pasangan sering membiarkan anda membayar makanan dan bahkan tidak mengucapkan terima kasih, tentu ada perasaan kesal yang membuat anda merasa tidak dianggap.

Tak hanya soal uang, ia juga tak menghargai anda apabila dengan seenaknya mengajak anda pergi kencan tanpa memedulikan rencana apa yang anda miliki. Bahkan, ia akan berubah sikap jika anda tak menurutinya, tak peduli apa pun alasannya.

Itu merupakan suatu tanda bahwa anda mungkin sedang dimanfaatkan oleh pasangan atau mungkin calon pacar anda.

4. Keluarga dan teman sudah memperingatkan

Menjalin hubungan dengan orang yang hanya ingin memanfaatkan anda terkadang membuat anda tidak sadar bahwa ada banyak tanda yang sudah terlihat.

Bisa jadi, teman dan keluarga anda sudah berkali-kali mengingatkan bahwa pasangan anda hanya memperalat anda dari sikapnya sehari-hari yang berbeda jauh ketika memperlakukan anda dan mereka. Peran keluarga dan teman anda sangat berpengaruh untuk membantu melihat calon pasangan anda dengan lebih objektif.

Mereka yang ada di luar hubungan biasanya dapat melihat pasangan anda dari sudut pandang lain. Biasanya, mereka juga akan cenderung tidak merestui hubungan anda berdua ketika tahu bahwa anda hanya dimanfaatkan. 

Sebenarnya, ada banyak tanda yang ditunjukkan ketika anda sedang dimanfaatkan oleh pasangan atau calon pasangan anda. Keempat ciri yang sudah disebutkan merupakan hal yang sering terjadi di dalam sebuah hubungan dan menjadi akar permasalahan.

Ingat, untuk membangun hubungan yang sehat dan langgeng dibutuhkan usaha dari dua orang. Bukan hanya anda yang memberi.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga