Pengen Bikin Bakso Sendiri, ini Trik yang Mesti Anda Lakukan Agar Teksturnya Kenyal dan Tidak Lembek

Pengen Bikin Bakso Sendiri ini Trik yang Mesti Anda Lakukan Agar Teksturnya Kenyal dan Tidak Lembek ilustrasi bakso

Covesia.com - Siapa sih yang tak doyan makan bakso? Hampir semua orang suka makan bakso. Makanan ini disebut-sebut sebagai salah satu makanan favorit khas nusantara.

Banyak orang ingin membuat bakso yang kenyal dan padat seperti yang dijual abang bakso keliling. Bakso akan terasa sangat lezat jika teksturnya juga kenyal dan tidak lembek.

Tapi tidak semua orang tahu tips supaya bakso kenyal. Bahkan ada yang justru menambahkan boraks supaya kenyal, duh bahaya!

Berikut beberapa tips membuat bakso sendiri agar teksturnya kenyal dan tidak lembek dengan bahan yang aman disadur covesia.com dari laman resepkoki.id:

1. Gunakan daging sapi segar

Hal pertama yang perlu anda perhatikan untuk membuat bakso sapi yang sempurna yaitu pemilihan daging yang segar. Itulah mengapa sering ditemukan tempat penggilingan bakso di dekat pemotongan daging, karena daging sapi yang masih segar sangat bagus untuk dijadikan bahan utama bakso. Pilih daging segar yang bebas lemak, seperti paha sapi bagian dalam.

2. Perhatikan perbandingan bahan

Untuk menghasilkan tekstur bakso yang pas, anda harus benar-benar memperhatikan perbandingan bahannya. Sebagai panduan, anda bisa mencoba membuat perbandingan antara daging sapi giling dan tepung tapioka. Dengan perbandingan setiap 250gr daging, gunakan 40gr tepung tapioka, 100gr es batu, dan 1 sdm garam kasar.

3. Tambahkan es batu ke dalam adonan

Giling daging sapi bersama dengan es batu. Tapi perlu diingat, es batu yang dimasukkan harus sudah diserut halus. Atau agar lebih mudah, gunakan saja air es untuk mencampur bahan bakso. Tidak usah takut jika tidak terlihat kenyal, setelah ini garam kasar akan dicampurkan sebagai pengenyal alami.

4. Gunakan garam kasar sebagai bahan pengenyal 

Setelah daging diblender lembut, tambahkan garam kasar sesuai takaran. Garam kasar mengandung alkali yang baik dan banyak sebagai pengental alami bakso sapi. Pada tahap ini masukan bersamaan saja garam dan bumbu-bumbu yang diperlukan.

Terakhir baru masukan tepung tapioka dan blender hingga rata. Jika dirasa kurang kenyal, anda bisa juga menambahkan 1 sendok teh baking powder untuk setiap 250 gram daging sapi.

5. Rendam bakso ke dalam air panas mendidih tanpa api

Masih banyak orang yang langsung merebus bakso setelah dicetak. Padahal hal tersebut bisa membuat bakso jadi pecah. Sebaiknya masukkan bakso ke dalam panas mendidih yang baru diangkat dari kompor dan masih beruap.

Genggam di tangan dan agak-agak ditekan dan jepit perlahan keluar dari arah jempol dan telunjuk. Lalu sendok perlahan hingga berbentuk bulat. Masukan satu persatu dalam air panas. Setelah itu, baru rebus bakso diatas kompor dengan api kecil hingga terlihat matang semua.

Ternyata membuat bakso yang tidak lembek itu sangat mudah, kan? Jika bakso anda sudah matang, anda tinggal mengolahnya menjadi aneka makanan yang menggugah selera untuk keluarga anda.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga