5 Bahan Makanan yang Bisa Memicu Sakit Kepala

5 Bahan Makanan yang Bisa Memicu Sakit Kepala Ilustrasi

Covesia.com - Sakit kepala seringkali dianggap sebagai gejala yang ringan terjadi pada tubuh kamu saat beraktivitas, ternyata ada beberapa makanan atau minuman yang memicu sakit kepala.

Setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda, begitu pula dengan respons tubuh terhadap makanan. Pada beberapa kesempatan, mungkin sakit kepala yang kamu alami disebabkan oleh respons tubuh terhadap beberapa makanan dan minuman. Namun, tidak semua orang mengalami respons yang sama saat mengonsumsinya.

Memang tidak ada penelitian resmi mengenai bahan makanan pemicu sakit kepala ini, beberapa orang yang mengonsumsi bahan makanan berikut ini secara teratur mengalami sakit kepala. Kalau kamu sering mengalami sakit kepala tiba-tiba, tidak ada salahnya mengetahui daftar berikut untuk mengintrospeksi makanan yang dikonsumsi.

1. Keju

Banyak orang yang sangat menyukai olahan makanan dengan kombinasi keju. Mungkin kamu juga melakukan hal yang sama saat membuka buku menu. Menu makanan dengan keju memang seringkali menambah cita rasa creamy yang lezat. Namun, beberapa jenis keju seperti mozzarella, parmesan, blue cheese, brie, dan keju Swiss bisa memicu sakit kepala.

Nah, kalau kamu sering mengonsumsi makanan mengandung keju dan kepalamu jadi sakit setelahnya, cobalah untuk mulai mengurangi konsumsi keju. Jika sakit kepalamu berkurang, mungkin tubuhmu memiliki respon yang kurang baik terhadap bahan makanan satu ini. Ketimbang sakit kepala setelah makan, lebih baik kurangi intensitas konsumsinya ya.

2. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan juga ternyata bisa memicu sakit kepala. Tekstur dan rasa kacang yang lezat juga seringkali menyebabkan kamu mengonsumsinya dalam jumlah banyak dan berulang. Jika kamu mengalami sakit kepala setelah banyak mengonsumsi bahan makanan mengandung kacang, cobalah untuk menguranginya.

3. Makanan kaleng

Bahan makanan yang kalengan juga bisa memicu sakit kepala pada beberapa orang. Saat ini sudah semakin banyak makanan yang diolah dan diawetkan di dalam kemasan kaleng. Mulai dari sup sayur instan, ikan sarden, dan masih banyak lagi. Beberapa bahan makanan tersebut mengandung bahan pengawet yang memiliki reaksi kurang baik pada tubuhmu.

Nah, kamu yang punya mobilitas tinggi biasanya selalu menyediakan bahan makanan ini di rumah. Mungkin kamu tidak punya banyak waktu untuk mengolah bahan makanan segar. Untuk kebutuhan komunikasi smartphone saja, kamu lebih memilih pembayaran online dengan cara cek pulsa im3 lewat aplikasi atau situs online seperti Traveloka. Namun, kesehatan tetap yang utama, sebaiknya mulai kurangi konsumsi makanan berpengawet ya.

4. Daging olahan

Makan daging olahan tidak hanya lezat tetapi juga mengenyangkan. Kamu tidak perlu repot melakukan marinasi saat memasak. Hanya dengan mencampurkannya ke menu favorit, kamu bisa mendapatkan cita rasa yang lebih lezat dengan makan daging seperti pepperoni, sosis, burger, dan berbagai jenis olahan daging lainnya.

Mungkin kamu tergoda untuk mengonsumsi makanan cepat saji yang sedang banyak promo. Ya, hal ini jadi godaan yang sangat sulit ditolak, terutama kalau pesan bareng teman-teman di kantor. Sayangnya, daging olahan juga punya kandungan bahan pengawet yang mungkin juga membawa efek samping kurang baik bagi tubuh seperti menyebabkan sakit kepala.

5. Produk mengandung susu

Tidak hanya keju, beberapa bahan makanan yang mengandung susu seperti yoghurt dan mentega juga bisa memicu respon sakit kepala. Jika kamu sering mengalami sakit kepala setelah mengonsumsi makanan yang mengandung susu, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Beberapa orang memang memiliki intoleransi terhadap makanan mengandung susu. Meskipun kamu suka, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi bahan-bahan makanan tersebut ya.

Tidak semua orang punya respon yang sama terhadap makanan, tetapi akan lebih baik jika kamu mulai membatasi konsumsi bahan makanan di atas saat sedang mengalami sakit kepala. Siapa tahu salah satunya memang memicu sakit kepala yang sering mengganggu aktivitasmu.

(lif)


Berita Terkait

Baca Juga