7 Cara Alami Hilangkan Varises pada Kaki

7 Cara Alami Hilangkan Varises pada Kaki ilustrasi

Covesia.com - Jika anda melihat di kaki seseorang terutama di bagian betis terlihat seperti urat menonjol keluar berwarna biru atau ungu tua dan terkadang bentuknya menyerupai simpul atau tali berpilin, itu adalah tanda mudah yang bisa dilihat jika seseorang mengalami varises.

Jika hal yang sama terjadi pada betis anda, jangan tunggu sampai parah. Anda bisa coba cara alami berikut ini untuk menghilangkan varises yang menganggu penampilan anda.

Varises adalah kondisi ketika pembuluh darah vena membengkak. Pembuluh darah vena yang membengkak ini menyebabkan munculnya urat-urat berwana kebiruan atau keunguan yang menonjol di permukaan kulit.

Kondisi ini disebabkan oleh darah yang seharusnya dialirkan ke jantung, malah kembali ke kaki. Hal ini terjadi karena katup vena yang berperan mengangkut darah ke jantung tidak berfungsi dengan benar. Akibatnya, aliran balik ke jantung terganggu dan darah mengumpul di vena. Ini mengakibatkan peningkatan tekanan pembuluh darah vena.

Kondisi ini dapat terjadi di seluruh pembuluh vena dalam tubuh anda. Namun, kondisi ini umumnya terjadi di kaki, terutama betis, karena bagian tersebut adalah bagian yang paling jauh dari jantung dan efek gravitasi membuat darah semakin sulit kembali ke jantung.

Jika dibiarkan terus-terusan, perlahan akan terjadi kebocoran ke pergelangan kaki, sehingga menyebabkan pembengkakan. Orang yang mengalami kondisi ini juga akan lebih sering mengalami kaki berdenyut atau kram di malam hari.

Tak jarang juga kondisi ini menyebabkan nyeri, pembengkakan, bahkan perdarahan di area yang terkena.

Ada beberapa bahan yang bisa dijadikan untuk membantu supaya varises bisa berkurang, berikut covesia.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Kubis

Merupakan sumber vitamin, magnesium, kalsium, potasium dan serat yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Kubis juga bermanfaat untuk mengurangi varises.

Caranya dengan merajang kubis dan blender, setelah halus tempelkan pada area yang bermasalah. Biarkan dua jam dan bersihkan, lakukan secara rutin lebih kurang satu bulan, maka varises bisa berkurang.

2. Jeruk nipis

Untuk penyembuhan varises dengan jeruk nipis tidak bisa instan. Cara yang dilakukan adalah siapkan 2 butir jeruk nipis, dibelah menjadi dua bagian dan usapkan pada bagian yang terkena varises. Lakukan hal ini setiap pagi dan malam hari.

3. Jahe

Berbeda dengan dua bahan sebelumnya, pengobatan varises dengan jahe adalah dengan meminum air jahe. Pertama-tama, bersihkan jahe dan potong-potong mejadi beberapa bagian, rebuslah jahe lebih kurang 10 menit, saring airnya dan minum 2-3 kali sehari, boleh ditambah madu untuk memberi rasa manis. Jahe ini dapat memecah fibrin (protein darah yang menumpuk di daerah pembuluh darah yang rusak).

4. Kacang hijau

Ternyata air rebusan kacang hijau juga bermanfaat untuk mengatasi varises. Caranya rebus segenggam kacang hijau dalam dua gelas air, lalu minumlah air rebusan tersebut dua kali sehari. Lakukan secara teratur agar varises cepat hilang.

5. Es batu

Es batu berfungsi untuk mengatasi varises dengan cara membasahi handuk atau kain yang lembut dengan air dingin. Kompres pada area yang terkena varises. Lakuakan setiap hari kira-kira 20 menit. Varises bisa cepat hilang.

6. Cuka apel

Mengatasi varises dengan cuka apel memang cukup efektif. Hal itu dikarenakan cuka apel mampu memperbaiki aliran dan sirkulasi darah sehingga dapat mengurangi pembengkekan dan rasa sakit. Caranya adalah celupkan kain kompresan pada cuka apel, dan kompres sekitar 15-20 setiap hari. Lakukan secara rutin.

7. Bawang putih

Bawang putih memiliki banyak manfaat salah satunya untuk mengatasi varises. Di dalam bawang putih terdapat senyawa allicin yang dapat membantu mencegah pembuluh darah meradang.

Caranya adalah dengan menghaluskan bawang putih ditambah air perasan jeruk serta 2 sendok minyak zaitun. Biarkan selama 12 jam, lalu oleskan pada bagian yang terkena varises.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga