Gagal SBMPTN? 5 Perencanaan ini Masih Bisa Kamu Lakukan

Gagal SBMPTN 5 Perencanaan ini Masih Bisa Kamu Lakukan ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah mengumumkan hasil resmi SBMPTN. Sebanyak 168.742 peserta dinyatakan lulus dari pendaftar  yang mencapai 714.652 peserta.

Nah, sebanyak 545.910 peserta lainnya harus kemana? Jangan khawatir, masih ada berkesempatan untuk memasuki perguruan tinggi negeri melalui jalur mandiri atau menunggu tahun depan dan mengikuti SBMPTN lagi.

Tidak lulus SBMPTN bukan akhir dari segalanya, ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan sembari menunggu SBMPTN tahun depan. Namun alangkah lebih baiknya mempertimbangkan lebih matang pilihan mana yang akan diambil.

1. Ikuti tes mandiri

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang ingin memasuki perguruan tinggi negeri. Antaranya, ingin mewujudkan cita-cita sedari kecil, membahagiakan orangtua, memiliki kebanggaan tersendiri, lebih murah dan lain sebagainya. Dari faktor tersebut tak para peminat pun melakukan banyak hal supaya mencapai tujuannya, salah satunya masuk melalui jalur mandiri.

Tak masalah bila gagal pada jalur SBMPTN, masih ada kesempatan yang dibuka oleh berbagai perguruan tinggi negeri melalui jalur mandiri. Memang, untuk jalur ini calon pendaftar harus merogoh kocek lebih dalam, dan masih ada kemungkinan untuk tidak lulus. Intinya harus berusaha dulu untuk mencapai apa yang diimpikan.

Jangan gegabah, lihat dulu kondisi apakah memungkinkan untuk mengikuti ujian mandiri. Bila tidak, bersabarlah menunggu SBMPTN tahun depan.

2. Ikuti program vokasi

Beberapa universitas negeri pun membuka program vokasi. Namun selama ini kurang dilirik karena tak ada embel-embel S1 padahal D4 setara dengan S1. Bahkan tak sedikit lulusan D3 yang dicari seperti public relation, teknik mesin, akuntansi, perhotelan dan lain sebagainya.

Apa salahnya untuk mengikuti program ini bila sesuai dengan minat kamu. Beberapa perguruan tinggi negeri yang membuka program ini seperti, Universitas Gadjah Mada (UGM),Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Malang (UNM) dan PTN lainnya.

3. Daftar perguruan tinggi swasta

Opsi lain yang bisa dipilih adalah dengan mendaftar pada perguruan tinggi swasta(PTS). Tak sedikit PTS yang memiliki kualitas yang mampu menandingi PTN. Namun, sebelum memutuskan untuk memasuki PTS ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antaranya, akreditasi perguruan tinggi, fakultas serta jurusan. Hal lain yang perlu dilihat adalah biaya, tak semua PTS itu mahal.

Hal lain yang patut dipertimbangkan ketika memilih PTS adalah kualitas pengajarnya, waktu yang cukup fleksibel bahkan di PTS ada yang menyediakan kelas reguler dan non reguler.

Kamu juga bisa kuliah sambil bekerja karena waktu yang fleksibel tersebut. Nah, bagaimana, tertarik. Lakukan riset pada PTS yang kamu tuju sebelum mendaftar ya.

4. Kursus bahasa

Bila masih kukuh untuk ingin masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SBMPTN kamu harus rela menganggur untuk 1 tahun ini. Nah sebenarnya kamu memiliki banyak kesempatan untuk memperbaiki diri dan mempersiapkan SBMPTN tahun depan. Salah satu caranya ialah dengan mengikuti les/kursus bahasa.

Banyak keuntungan dari kursus bahasa, mudah diterima di dunia internasioal. Tak ayal kamu akan mudah berkomunikasi, mengetahui banyak hal dengan menguasai suatu bahasa asing.

Kamu juga dapat mengikuti perkembangan teknologi, mendapatkan beasiswa dari luar negri, mendapatkan wawasan baru. Intinya dengan kursus bahasa waktu menunggu SBMPTN tak akan sia-sia. Bahkan bila sudah mahir dengan bahasa tersebut kamu bisa menghasilkan uang.

5. Langsung kerja  

Tak sedikit orang yang sukses tanpa mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan. Sean Parker salah satunya, ia merupakan seorang entrepreanur yang juga pendiri situs berbagai file Napster. Susi Pudji Astuti, Menteri kelautan dan perikanan dan masih banyak yang lainnya.

Mereka yang sukses adalah yang memiliki cita-cita dan kemauan yang keras untuk mencapainya. Tak melalui ijazah kuliah namun memiliki perencanaan, tidak minder dengan pekerjaan, belajar pada lingkungan, dan tidak mengeluh pada keadaan.

Apa yang diminati dari kecil maka tekuni itu, jangan malas dan teruslah bekerja keras. Sederet nama di atas adalah bukti bahwa sukses tak melulu soal ijazah.

Itulah 5 pilihan yang bisa dilakukan jika mengalami gagal SBMPTN. Apapun keputusan yang kamu ambil hari ini akan berdampak pada masa depanmu. Jangan berkecil hati karena tak lolos SBMPTN, toh pendidikan hakikatnya bisa diperoleh dimanapun. Semoga bermanfaat.  

Kontributor; Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga