7 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Saat Jadi Mahasiswa

7 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Saat Jadi Mahasiswa ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Menjadi mahasiswa merupakan proses yang lebih tinggi dari sebelumnya. Selain tugas kuliah, ada banyak hal yang bakal ditemui di kampus seperti kegiatan-kegiatan yang mengasah potensi diri.

Tak sedikit mahasiswa memilih aktif di organisasi hingga terjun ke dunia kerja secara part time. Namun sayangnya banyak yang sampai keteteran sehingga harus mengorbankan salah satunya.

Nah bagi kamu yang ingin sukses membagi waktu antara kuliah, organisasi atau kerja, yuk baca tips berikut ini dirangkum Covesia dari berbagai sumber.

1. Tentukan skala prioritas

Setiap orang memiliki prioritas masing-masing. Nah, biasanya prioritas utama seorang mahasiswa ya kuliahnya. Namun, ada di beberapa kondisi ada hal yang lain di prioritaskan. Nah bila memiliki organisasi kamu harus bisa membagi waktu. Jangan sampai tujuan utamamu terganggu oleh tujuan yang lain.

2. Buat jadwal tiap harinya

Ini sangat membantu kamu dalam membagi waktu. Jadi, sebelum beraktifitas pada esok hari sediakan list apa saja yang harus dilakukan esok hari. Dijamin tidak akan keteteran asalkan tidak dilanggar jadwal yang sudah dibuat.

3. Tentukan deadline

Apapun kegiatannya bila tidak memiliki deadline akan membuat seseorang lalai. Maka dari itu tentukan deadline tugas misalnya. Atau target kerjaan harus sesuai dengan deadline yang telah diatur. Dengan adanya deadline seseorang biasanya akan bersemangat tepat waktu menyelesaikan tugas ataupun pekerjaannya.

4. Jaga  komunikasi

Komunikasi adalah kunci untuk menjaga hubungan baik dengan rekan kerja ataupun teman satu organisasi. Bila komunikasi bisa dijaga dengan baik, kemudahan akan datang tanpa dikira. Misalnya, untuk menghadiri rapat yang jadwalnya tak direncanakan dan kamu dalam posisi bekerja, maka komunikasikanlah dengan baik hingga tak terjadi kesalahpahaman.

5. Jangan menunda

Menunda suatu pekerjaan adalah kebiasaan yang buruk. Menunda artinya membuat diri sendiri kewalahan. Maka dari itu hindarilah untuk menunda-nunda apa yang bisa dikerjakan pada saat itu.

6. Miliki komitmen

Bagaimanapun bagus sebuah perencanaan bila tidak diiringi oleh komitmen tentu akan sia-sia. Bersungguh-sungguhlah pada sesuatu yang telah direncanakan dari awal. Bertanggungjawab pada apa yang telah di ambil di awal.

7. Istirahat yang cukup

Kuliah, berorganisasi ditambah bekerja akan membuat seseorang kelelahan apalagi tanpa ada jadwal yang teratur. Maka dari itu, sediakan jadwal untuk beristirahat karena tubuh memerlukan itu.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga