Pemkab Pasaman Anggarkan Rp10 Miliar Lengkapi Fasilitas RS Pratama Padang Gelugur

Pemkab Pasaman Anggarkan Rp10 Miliar Lengkapi Fasilitas RS Pratama Padang Gelugur Rumah Sakit Pratama Padang Gelugu

Covesia.com - Direktur Rumah Sakit Pratama Padang Gelugur Herman Harun mengatakan pihak Pemerintah Kabupaten Pasaman sudah mengalokasikan anggaran dana sekitar Rp10 miliar untuk melengkapi fasilitas RS tersebut di Tahun 2019 ini.

"Sudah dianggarkan sekitar Rp10 Miliar di Tahun 2019 ini. Saat ini kita hanya menunggu realisasinya,"kata Direktur RS Pratama Padang Gelugur Herman Harun ketika dikonfirmasi oleh Covesia.com, Rabu (26/06/2019).

Anggaran dana tersebut kata dr. Herman Harun sudah termasuk operasional RS Pratama tersebut.

"Untuk belanja langsung pegawai dan dokter umum yang bertugas disini. Kemudian untuk Barang berupa gedung apotek dan obat-obatan,"katanya.

Selanjutnya kata dia, tahun ini juga bakal dibangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di RS Pratama tersebut.

"Pengadaan Ambulans dua unit, sejumlah Alat Kesehatan (Alkes), Musholla dan rumah dinas Dokter. Jadi dokter yang bertugas disini tidak lagi kerepotan bolak-balik untuk menangani pasien disini," tambahnya.

Saat ini kata dia juga tengah pembahasan bersama Sekretaris Daerah (Sekda) untuk menempatkan Dokter Spesialis. "Saat ini memang hanya baru ditopang oleh dokter umum. Jadi kalau sudah ada dokter spesialis yang bertugas disini, pasien tidak lagi dirujuk ke RSUD Lubuk Sikaping, khususnya wilayah Pantura,"tambahnya.

Sementara untuk saat ini diakui hanya bisa melayani pasien sebisanya. "Saat ini Ambulans dua unit ada, meskipun meminjan ke RSUD Lubuk Sikaping. Kemudian kita tergetkan Akreditasi tuntas Tahun 2020 nanti. Perlahan RS Pratama ini kita benahi dengan dukungan Pemda juga," tutupnya.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga