Wacana Ekspor Randang Tertunda Hingga Tahun 2020

Wacana Ekspor Randang Tertunda Hingga Tahun 2020

Covesia - Wacana Ekspor Randang yang di gadang-gadangkan Pemko Payakumbuh ke Arab Saudi sebelum musim haji tahun 2019 ini, diprediksi akan tertunda tahun 2020.

Kesiapan dan fasilitas menjadi faktor utama pemko Payakumbuh dan 10 IKM yang diberdayakan belum bisa memproduksi randang secara besar-besaran.

"Untuk tahun sekarang, belum bisa dipaksakan. Mungkin tahun 2020 bisa terealisasi ekspor randang ke Arab Saudi untuk memenuhi kebutuhan jemaah haji," kata Kepala Dinas Perindustrian Kota Payakumbuh, Wal Asri kepada Covesia.com melalui seluler, Selasa (25/06/2019).

Ia mengatakan saat ini terlalu banyak kendala untuk mewujudkan wacana ekspor Randang ini. Untuk memproduksi randang 30 ton setiap ekspor, harus memiliki fasilitas dan tenaga kerja maupun kerjasama dengan kelompok IKM. Untuk hal tersebut saat ini masih minim.

"Fasilitas kami hanya berupa gedung. Belum ada fasilitas untuk memasak. Jadi belum ada tenaga kerja yang diserap karena dengan apa mereka nanti akan bekerja. Sedangkan 10 IKM randang yang siap untuk menjadi mitra baru bisa diberdayakan 1 Juli 2019 mendatang," katanya.

Wal Asri meminta masyarakat dan pelaku usaha untuk memaklumi hal ini karena minimnya dukungan dan anggaran untuk melengkapi fasilitas central Randang di Padang Kaduduak, Payakumbuh Utara.

"Mohon dimaklumi. Rencana ini mungkin akan terlaksana 2020. Kami sedang melengkapi fasilitas dan yang lainnya. Dalam program perencanaan, 2020 kami sudah mengekspor randang ke Arab Saudi," jelasnya.

Selain randang siap saji, nantinya pemko Payakumbuh juga akan mengekspor Kalio Randang tanpa daging. 

Sebelumnya, sejak MOU kerjasama ekspor randang antara Pemko Payakumbuh dengan Pemerintah Arab Saudi ditandatangani, Wakil Walikota, Erwin Yunaz menggadang-gadangkan rencana ekspor randang sebanyak 30 ton sebelum musim haji ke Arab Saudi. Wacana ini pun banyak mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti LAPAN, BNI hingga kementerian perdagangan.

(Agg) 

Berita Terkait

Baca Juga