5 Tips Atasi Pasangan yang Cemburuan

5 Tips Atasi Pasangan yang Cemburuan ilustrasi

Covesia.com - Cemburu itu sangat wajar. Namun, cemburu buta juga tidak baik karena rentan memicu konflik. Anda juga pasti risih dan lama-lama lelah terus meladeni pacar yang cemburuan.

Apalagi jika hal yang dicemburui tak beralasan, atau bahkan mungkin tidak anda lakukan. Lantas, harus bagaimana?

Tips cerdas menghadapi pasangan yang cemburuan

Tenang, jangan langsung terpancing emosi karena pasangan anda selalu cemburuan. Berikut ini berbagai hal yang bisa dilakukan untuk menghadapinya dikutip covesia.com dari laman hellosehat.

1. Tanyakan alasan cemburunya

Hal pertama yang perlu dilakukan saat pacar merasa cemburu bukan berbalik ngomel, tapi tanyakan apa alasannya.

Akan tetapi, usahakan untuk tetap tenang. Tanyakan kenapa pasangan cemburuan dengan intonasi yang lembut. Kemudian, dengarkan baik-baik apa yang dikatakan pasangan tanpa membantahnya.

Intinya, anda perlu tahu terlebih dahulu alasan utama pasangan cemburu pada anda. Barulah setelah itu, cari solusi yang paling tepat atas kesepakatan berdua. Sebab untuk tahu bagaimana cara menyelesaikan masalahnya, anda tentu perlu tahu dulu akar masalah itu sendiri.

2. Jangan menyangkal dan bersikap defensif

Banyak orang yang justru menganggap bahwa kecemburuan pasangannya bukan salahnya. Meski mungkin memang bukan salah anda, tapi jangan meremehkan atau justru menyangkalnya dengan cara yang kasar.

Jangan justru berkata “Kamu kenapa sih, santai aja dong, gitu aja kok cemburu?” Justru anda perlu menenangkannya dengan mengatakan “Maaf ya kalau kamu cemburu, tapi apa yang kamu curigain itu sama sekali enggak bener, kok.”

Ketika perasaan cemburu dan ketakutannya ditenangkan, ia rasa cemburunya akan mereda. Sebaliknya, jika anda hanya menyangkal tanpa memberikan kalimat yang menenangkan, rasa insecure pasangan akan terus berlanjut.

Hal ini justru akan membuat pacar terus bersikap cemburuan pada anda. Ingat, menyangkal dan menghindari percakapan ini justru akan membuat masalah menjadi lebih besar dan panjang.

3. Instrospeksi diri

Sebelum menyalahkan pasangan atas rasa cemburunya yang berlebihan, coba introspeksi diri sendiri. Bisa jadi sikap anda selama inilah yang membuat pasangan terus cemburuan.

Sekarang coba luangkan waktu untuk berpikir. Kira-kira adakah sikap anda yang memicu kecemburuan pasangan tanpa sengaja.

Jika bingung, anda juga bisa menanyakan langsung pada pasangan kira-kira sikap mana yang menjadi pemicu. Dengan begitu, anda tahu batasan dan sikap apa yang perlu diubah agar pacar tak lagi cemburuan.

4. Menetapkan batasan

Leslie Becker-Phelps, psikolog asal Amerika Serikat, berujar tiap pasangan wajib untuk mengetahui beberapa hal yang cukup krusial yaitu:

  • Apa yang disukai dan tidak disukai pasangan
  • Apa yang membuat pasangan nyaman dan apa yang ditakutinya
  • Bagaimana pasangan ingin diperlakukan dalam situasi tertentu

Berbagai informasi penting ini sudah cukup membuat anda paham bagaimana caranya bersikap. Dari informasi ini, Anda juga bisa memperjelas tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Jika pacar cemburuan terus menerus coba tanyakan apa yang diinginkannya. Pilihlah kalimat yang positif dan menenangkan seperti “Aku paham kamu cemburu, kalau gitu apa yang bisa aku lakuin supaya enggak lagi bikin cemburu?”

5. Beri perhatian lebih

Untuk meredakan rasa cemburunya, anda wajib memberikan pasangan perhatian lebih. Yakinkan pasangan bahwa anda memang peduli padanya. Buat pasangan merasa aman meski anda berada jauh darinya.

Tunjukkan pada pasangan bahwa anda berniat untuk memperbaiki kondisi ini. Ketika ia merasa aman, secara perlahan kecemburuannya akan mereda.

Meski tidak mudah, berbagai cara ini bisa membantu menjaga hubungan tetap langgeng dan awet. Cara-cara ini juga bisa anda praktikkan tak hanya pada pacar, tetapi juga suami atau istri yang cemburuan.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga