Memutihkan Wajah Dengan Susu Beruang, Benar Ampuh?

Memutihkan Wajah Dengan Susu Beruang Benar Ampuh ilustrasi

Covesia.com - Di Indonesia, standar kecantikan seorang wanita masih kerap diukur dari warna kulitnya. Semakin putih, semakin dianggap cantik ketimbang yang berkulit kuning langsat atau cokelat.

Stereotipe ini membuat banyak wanita berlomba-lomba memutihkan kulitnya agar juga dianggap cantik. Salah satu usaha yang cukup banyak dilakukan yaitu memutihkan wajah dengan susu beruang. Seberapa efektif cara ini?

Bisakah memutihkan wajah dengan susu beruang?

Susu beruang merupakan produk susu kalengan yang terbuat dari susu sapi steril tanpa tambahan apa pun. Produk susu ini mengandung berbagai kandungan gizi seperti lemak, karbohidrat, protein, dan natrium.

Susu merupakan minuman kaya gizi yang mengandung banyak zat termasuk salah satunya asam laktat. Dilansir dari Livestrong, asam laktat yang dioleskan secara bertahap bisa mengurangi pigmentasi kulit sehingga membuatnya lebih terang. Disebutkan bahwa hasil maksimal bisa dicapai setelah tiga minggu perawatan.

Banyak yang mengatakan bahwa susu beruang bisa memutihkan kulit wajah. Namun jangan asal percaya tanpa tahu informasi pastinya. Sayangnya, belum ada penelitian ilmiah yang mampu membuktikan memutihkan wajah dengan susu beruang itu benar efektif.

Perawatan lain untuk mencerahkan kulit wajah

Terang gelapnya kulit seseorang ditentukan oleh jumlah melanin di kulit. Melanin adalah pigmen yang diproduksi oleh sel-sel khusus yang disebut melanosit.

Banyaknya melanin yang dimiliki kulit biasanya tergantung pada susunan genetik yang dimiliki tiap orang. Hal ini membuat memutihkan kulit wajah tak semudah kelihatannya apalagi hanya dengan susu beruang.

Beberapa perawatan dokter ini biasanya digunakan untuk membantu mencerahkan kulit wajah anda, seperti dikutip covesia.com dari laman hellosehat berikut ini:

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur yang dilakukan untuk memperbarui warna kulit secara keseluruhan. Prosedur ini membantu meningkatkan tampilan kulit yang disebabkan karena sinar matahari, bintik penuaan, hingga garis halus. Dengan begitu, tampilan kulit wajah menjadi lebih bersih dan cerah berseri.

Mikrodermabrasi dilakukan dengan menggunakan aplikator khusus. Aplikator ini nantinya membantu mengampelas lapisan luar kulit yang tebal untuk diremajakan kembali. Dengan meremajakannya, kulit akan terlihat lebih cerah dari sebelumnya.

Teknik lainnya dilakukan dengan menyemprotkan partikel halus alumunium oksida atau narium bikarbonat dengan alat khusus. Tujuannya sama, untuk membantu memperbarui warna kulit wajah. Prosedur ini cenderung aman untuk sebagian besar jenis dan warna kulit.

Chemical peeling

Chemical peeling adalah prosedur perawatan untuk memperbaiki tampilan kulit Anda. Selain untuk kulit kusam, prosedur ini biasanya dilakukan saat wajah mengalami berbagai masalah seperti:

  • Kerutan dan garis-garis halus
  • Rusak akibat sinar matahari
  • Bekas luka jerawat
  • Hiperpigmentasi
  • Warna kulit tidak merata atau kemerahan

Selama prosedur, dokter akan memberikan larutan kimia pada area wajah yang dirawat. Hasilnya, kulit akan terkelupas hingga muncul lapisan kulit baru yang lebih halus dan cerah.

Dibandingkan memutihkan kulit wajah dengan susu beruang, kedua prosedur medis ini lebih memberikan efek yang signifikan pada kulit.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga