Ini Dia 5 Fakta Presiden Terpilih Ukraina yang Menarik untuk Diketahui

Ini Dia 5 Fakta Presiden Terpilih Ukraina yang Menarik untuk Diketahui Volodymyr Zelensky (REUTERS/Viacheslav Ratynskyi)

Covesia.com - Volodymyr Zelensky dikenal secara luas oleh publik Ukraina sebagai komedian yang pernah memainkan karakter presiden Ukraina dalam sebuah serial televisi lokal. Kini, dalam pemilihan presiden (pilpres) Zelenksy terpilih menjadi Presiden Ukraina yang sesungguhnya setelah mengalahkan kandidat petahana Petro Poroshenko.

Ada banyak fakta menarik di balik presiden baru yang bernama Volodymyr Zelensky ini. Berikut covesia.com rangkum berbagai faktanya.

1. Tidak mau fotonya dipajang di Kantor

Saat pelantikannya Zelensky mengatakan presiden bukanlah ikon maupun isolo. “Saya benar-benar tidak ingin foto saya berada di dinding kantor anda, pajanglah foto anak-anak anda, lihatlah setiap kali anda membuat keputusan,” ungkapnya.

2. Pemula di dunia politik

Zelensky sangat minim di bidang politik. Ia merupakan lulusan fakultas hukum. Banyak yang meragukan pencalonannya dalam pemilihan presiden, bahkan dianggap sebagai lelucon. Namun, faktanya ia malah unggul 73 persen suara dalam putaran kedua melawan kandidat petahanan Petro Poroshenko.

3. Merupakan aktor komedi

Zelensky merupakan seorang aktor komedi dan berperan sebagai pemimpin negara dalam serial yang berjudul “Servan of the People”. Bermula menjadi presiden dalam serial telivisi, hingga ia menjadi presiden Ukraina.

4. Presiden termuda Ukraina

Menjabat sebagai presiden ke-6 Ukraina di usia 41 tahun, menjadikan Zelensky sebagai presiden termuda Ukraina.

5. Tidak menggunakan kantor Kepresidenan

Zelensky berjanji tidak akan menggunakan kantor kepresidenan seperti 5 presiden sebelumnya. Ia berpendapat bahwa ia tak menyukai suasana kantornya serta bangunannya.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga