5 Khasiat Air Bunga Mawar untuk Kesehatan

5 Khasiat Air Bunga Mawar untuk Kesehatan Bunga Mawar. (Istimewa)

Covesia.com- Selain digunakan untuk hadiah simbol kasih sayang, bunga mawar memiliki banyak manfaat dan khasiat lain yang harus kamu tau. 

Berikut manfaat air bunga mawar untuk kesehatan.

1. Meredakan Iritasi Kulit

Air mawar berkhasiat untuk meredakan ruam, iritasi, dan peradangan pada kulit. Hal tersebut karena air mawar memiliki sifat anti inflamasi. Selain itu mawar juga mengandung vitamin C yang membantu peremajaan sel yang telah usang.

2. Meredakan Sakit Tenggorokan

Banyak hal yang menyebabkan tenggorokan sakit antaranya kurang mengkonsumsi air putih, infeksi bakteri, alergi dari lingkungan seperti polusi, asap rokok, debu dan sebagainya. Namun, jangan hawatir, air mawar dapat digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan tersebut dengan menyeduh mahkota bunga mawar dan meminum air perasannya.

3. Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala sering membuat kita terganggu. Hal ini disebabkan oleh aktifnya saraf nyeri di kepala maupun bagian tubuh yang lain. Saraf nyeri dipicu oleh aktifitas zat kimia di otak. Air mawar dan minyak esensial mawar bisa meringankan sakit kepala dengan aromaterapinya.

4. Meningkatkan Mood

Mawar mengandung antidepresan dan antikecemasan. Dari hasil sebuah penelitian pada 2011, ekstrak kelopak mawar mampu mengendurkan sistem saraf pusat yang menghasilkan anti-depresan dan anti-ansietas. Hal tersebut mampu meninkatkan mood seseorang lebih baik.

5  Mengatasi Masalah Pencernaan

Air mawar bekerja meningkatkan aliran cairan empedu yang membantu mengatasi gejala keluhan pencernaan umum termasuk kembung dan sakit perut. Bahkan air rendaman kelopak mawar bisa mempelancar urusan BAB dan mencegah sembelit.

(RM1/Laila Marni)


Berita Terkait

Baca Juga