7 Tanda Tubuh Anda Perlu Istirahat, Apa Saja itu?

7 Tanda Tubuh Anda Perlu Istirahat Apa Saja itu ilustrasi

Covesia.com - Tidak semua orang memiliki liburan yang santai, khususnya di libur Lebaran kemarin. Pasalnya, libur Lebaran identik dengan perjalanan yang melelahkan. Meski kegiatan tersebut dilakukan di hari libur, tetap saja menguras tenaga. Padahal saat liburan tubuh perlu istirahat, karena jika diabaikan, anda justru bisa jatuh sakit!

Dilansir dari edition.cnn.com, ada beberapa tanda bahwa tubuh perlu istirahat pasca liburan. Adapun tanda-tanda yang perlu anda perhatikan antara lain:

1. Otot-otot nyeri dan berlangsung lama

Nyeri otot biasanya muncul ketika anda yang tak biasa olahraga langsung melakukan olahraga berat, tanpa pemanasan. Selain itu, nyeri otot juga bisa menandakan bahwa tubuh anda membutuhkan istirahat akibat aktivitas yang terlalu banyak dan padat.

Umumnya, nyeri otot akan berkurang atau menghilang setelah 2 hari. Tapi, bila setelah dua hari nyeri otot juga tak kunjung hilang, itu berarti tubuh anda benar-benar ingin berhenti sejenak (selama beberapa hari) dari rutinitas. Bila anda memiliki obat oles nyeri otot, anda bisa mengoleskannya agar gejalanya cepat hilang.

2. Selalu murung dan merasa lelah

Perubahan suasana hati, depresi, dan kelelahan adalah indikasi bahwa anda mungkin habis menerima “beban” yang berat atau aktivitas yang super padat sehingga butuh istirahat.

Hal itupun dibenarkan oleh dr. Theresia Rina Yunita dikutip covesia.com dari KlikDokter. Menurutnya, tubuh yang mengalami kelelahan bisa memengaruhi emosi seseorang. “anda dapat menjadi lebih sensitif, mudah marah, mudah menangis, bahkan menjadi orang yang pesimis,” tutur dr. There.

3. Detak jantung tidak normal

Cara lainnya untuk mengetahui apakah anda sedang kelelahan dan membutuhkan istirahat atau tidak adalah dengan memperhatikan detak jantung. Umumnya, detak jantung yang normal adalah 60-100 denyut per menit. Apabila jumlahnya kurang atau lebih dari itu, berarti ada yang tidak beres dari tubuh anda.

Misalnya, jika detak jantung lemah, bisa jadi itu tanda ada masalah pada sistem listrik jantung (bradycardia) alias alat pacu jantung alami anda tidak bekerja dengan baik. Sedangkan jika detak jantung terlampau cepat (tachycardia) menandakan bahwa orang tersebut habis melakukan aktivitas fisik atau menuju serangan penyakit kardiovaskular yang dapat berakibat fatal (kematian).

Bila selama beberapa waktu detak jantung tidak normal (terutama bila terlalu cepat), selain beristirahat, anda juga perlu memeriksakan diri ke dokter sesegera mungkin.

4. Badan terasa kaku

Apabila tubuh tidak bisa melakukan mobilitas sebagaimana mestinya alias kaku, itu juga bisa menandakan bahwa anda sedang mengalami kelelahan dan butuh istirahat. Biasanya, tubuh kaku disebabkan oleh aktivitas fisik serupa yang dilakukan berulang-ulang tanpa jeda.

Selain merebahkan tubuh, cobalah dapatkan pijatan yang bisa menghilangkan segala kekakuan tersebut. Gunakan minyak aroma terapi juga agar pikiran serta tubuh lebih rileks.

5. Kencing berwarna kuning gelap

Warna urine atau air kencing yang gelap adalah salah satu indikasi bahwa anda mengalami dehidrasi akibat kurang minum maupun kelelahan. Jadi, cobalah isi kembali cairan tubuh dengan perbanyak asupan air putih dan kurangi dulu aktivitas fisik yang berat serta berulang.

6. Sulit konsentrasi

“Ketika anda mulai sulit berkonsentrasi, mungkin itu tanda bahwa tubuh anda kelelahan dan butuh istirahat.” pungkas dr. There. Sulit fokus pada pekerjaan yang sedang dilakukan atau dalam suatu perbincangan menunjukkan bahwa otak terlalu lelah untuk berpikir.

7. Sering sakit

Akhir-akhir ini anda sering terserang batuk pilek dan demam? Itu pun bisa menandakan bahwa tubuh sedang mengalami penurunan imunitas dan perlu istirahat. Jadi, selain mengonsumsi obat dan makanan bergizi, tingkatkan juga kualitas tidur anda.

Ketujuh kondisi di atas menunjukkan bahwa tubuh perlu istirahat. Bila keadaan memungkinkan, cobalah ambil cuti 1 atau 2 hari lagi untuk sekadar beristirahat dengan mencukupi waktu tidur, serta mengonsumsi makanan bergizi.

Jika tubuh mulai segar, lakukan aktivitas fisik dengan olahraga ringan seperti jalan kaki atau yoga. Namun jika kondisi tubuh anda tidak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga