Manfaat Makan Tiga Buah Kurma Tiap Hari Selama Seminggu

Manfaat Makan Tiga Buah Kurma Tiap Hari Selama Seminggu Ilustrasi

Covesia.com - Takjil untuk buka puasa tidak lengkap rasanya tanpa buah kurma. Selain disunahkan, makan kurma setiap hari secara rutin ternyata dapat memberikan manfaat bagi tubuh.

Rasa kurma yang manis legit membuatnya mudah disukai oleh banyak orang. Pakar kesehatan merekomendasikan untuk memakan tiga buah kurma setiap hari untuk mendapatkan khasiatnya. 

Dalam waktu satu minggu, tubuh akan menyerap nutrisi kurma secara maksimal dan menunjukkan berbagai manfaat sehat. Informasinya dirangkum dari detik food, Kamis (23/5/2019) seperti berikut.

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Menurut Julie Garden-Robinson, Ph.D., L.R.D., seorang profesor Universitas North Dakota, kurma mengandung zat boron yang dapat memperkuat tulang. Penelitian lain juga menunjukkan mineral seperti fosfor, potasium, kalsium, dan magnesium, yang biasanya ditemukan pada buah-buahan kering juga berkontribusi dalam penguatan tulang dan melawan penyakit seperti osteoporosis.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kurma mengandung serat dalam jumlah besar yang dapat membantu kinerja sistem pencernaan. Konsumsi serat yang cukup mampu mencegah sembelit dan membuat buang air besar lebih teratur. Sebuah penelitian dari British Journal of Nutrition menunjukan bahwa orang yang mengonsumsi kurma secara rutin memiliki sistem pencernaan yang lebih sehat.

3. Membantu melawan stres

Kandungan Vitamin B6 dalam kurma telah terbukti dapat membantu tubuh dalam memproduksi serotonin dan norepinephrine. Zat ini dapat meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik. Serotonin dapat mengatur suasana hati atau mood, sementara norepinephirine melawan stres dan depresi. Bahkan penelitian yang sama menunjukan bahwa kadar B6 yang rendah memang berpengaruh terhadap depresi. Semakin manyak kandungan B6 yang dikonsumsi maka kesehatan mental dan fisik akan semakin baik.

4. Memberikan pasokan energi

Kurma sangat cocok untuk dijadikan camilan sehat karena mengandung serat, potasium, magnesium, vitamin, dan antioksidan. Kandungan tersebut menyediakan energi yang cukup untuk beraktivitas selama berpuasa berkat kandungan fruktosa dan glukosa. Penelitian juga mengemukakan bahwa kurma bukan hanya meeningkatkan energi tetapi juga mengembalikannya setelah aktivitas yang melelahkan.

5. Mencegah penyakit jantung

Penelitian menunjukkan kurma dapat menurunkan kadar trigliserida dan mengurangi stres oksidatif. Keduanya merupakan faktor pemicu penyakit jantung dan atherogenesis. Kandungan potasium dalam kurma juga dapat menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung lainnya.

6. Mencegah kanker usus besar

Kurma melindungi pencernaan dan usus dari bakteri yang merusak dan mencegahnya menyebar ke area usus lainnya. Penelitian yang diselenggarakan oleh Department of Food and Nutritional Sciences menemukan bahwa dengan mengonsumsi kurma secara rutin dapat meningkatkan produksi bakteri baik dan melindungi tubuh dari pertumbuhan kanker pada usus besar.

7. Menyembuhkan alergi udara

Alergi yang disebabkan oleh udara dalam musim tertentu sering kali menyerang sistem kekebalan tubuh. Hal ini ternyata dapat diatasi ddengan rutin mengonsumsi kurma. Penelitian menunjukkan kurma sangat efektif dalam mengurangi beberapa tanda inflamasi pada penderita alergi.

8. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat yang melimpah memberikan rasa kenyang yang bertahan lebih lama. Lebih dari itu, kandungan atioksidan seperti antosianin, fenolik, dan karotenoid, dapat membantu pembuangan racun, proses pencernaan, dan meningkatkan metabolisme yang membantu menurunkan berat badan.

(lif/dtc)

Berita Terkait

Baca Juga