Aia Aka, Minuman Menyegarkan Lagi Sehat Saat Buka Puasa

Aia Aka Minuman Menyegarkan Lagi Sehat Saat Buka Puasa ilustrasi

Covesia.com - Berbagai macam jenis takjil yang bisa kita pilih saat berbuka puasa. Satu di antara pilihan masyarakat kota Padang adalah Aia Aka. Minuman sehat lagi menyegarkan ini juga dikenal dengan sebutan Air Kacang.

Aia Aka merupakan air perasan daun cincau yang sudah mengental. Perasan tersebut diyakini bisa menyehatkan badan, seperti mengatasi panas dalam, menghilangkan perut kembung hingga mampu mencegah kanker.

"Banyak bahan yang ada di Aia Aka seperti gula merah, telur, asam dan air daun kacang. Hal itulah yang membuat Aia Aka dipilih sebagai minuman yang sehat lagi menyegarkan," ungkap Marjunid Kamil pedagang Aia Aka yang berjualan di Simpang Anduring, Padang, Rabu (15/05).

Pria yang akrab dipanggil Uncu itu juga memaparkan, untuk pembuatan Aia Aka cukup mudah, sediakan cincau hijau di dalam gelas dan tuang santan serta gula merah yang telah direbus. "Membuat Aia Aka gampang-gampang sulit, itu tergantung selera, bahan apa aja yang perlu ditambahkan," ungkapnya.

Uncu mengatakan, harga yang dipatok untuk menikmati jajanan takjil saat berbuka puasa ini tidak begitu mahal, cukup sediakan uang Rp 5 ribu. "Minuman ini laris di bulan puasa, harganya yang murah membuat dia laris," ujar uncu sambil tertawa kepada Covesia.com.

Fakhri, Salah seorang pelanggan Aia Aka Marjunid. Menurutnya, pembuatan Aia Aka menggunakan bahan tradisional dan tanpa pengawet. "Ini yang membuat saya senang minum ini, aman dan sehat," ujar Mahasiswa UIN Imam Bonjol ini. 

Kontributor: Muhammad Iqbal

Berita Terkait

Baca Juga