6 Murid SD di Mentawai Terjangkit Filariasis

6 Murid SD di Mentawai Terjangkit Filariasis Ilustrasi - id-hub.com

Covesia.com -,Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai  Lahmuddin Siregar mengatakan,  berdasarkan hasil survey pada 24 April hingga 5 Meil 2019, sedikitnya 6 murid sekolah dasar di daerah itu positif terjangkit penyakit filariasis (kaki gajah).

Hasil itu ditemukan dari pemeriksaan terhadap 1.392 murid dari 44 sekolah kelas 1 dan 2 di seluruh Kepulauan Mentawai. Murid yang terjangkit filariasis tersebut diberikan pengobatan dan tetap bersekolah.

"Temuan tersebut  termasuk rendah dan menurun. Dua tahun kita cek lagi, apakah masih rendah. Kita menunggu Tas (Transmission assessment) atau survei penularan penyakit filariasis di Mentawai, "ungkap Lahmuddin, selasa (14/05). 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa tahun 2021 akan dilakukan survey kembali. 

Jika tinggi, maka akan dilakukan gerakan minum obat lagi. Namun, jika angkanya di bawah 16 orang atau dibawah 1/mil tidak perlu minum obat lagi. 

Lahmuddin berharap meskipun angka yang ditemukan kecil, tapi masyarakat perlu waspada dan mencegah potensi penularan filariasis. 

"Kita  mengimbau masyarakat agar rutin membersihkan  lingkungan, agar tidak menjadi sarang nyamuk, tidur di kelambu, dan menghindari gigitan nyamuk," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya pada tahun 2003 penyakit kaki gajah pertamakali  ditemukan dari hasil survei endemisitas penyakit kaki gajah di desa Simalegi kecamatan Siberut barat. 

"Angkanya saat ditemukan pertama kali 2,92 per mil. Jika di atas angka 1 per mil maka semua penduduk harus diobati secara massal, tidak hanya di desa tapi di seluruh kabupaten," papar Lahmuddin.

Kemudian, tahun 2004 dimulai gerakan minum obat pencegahan filariasis khususnya di wilayah Siberut. Selanjutnya tahun 2005, dilakukan di seluruh Kabupaten Kepulauan Mentawai. "Tahun 2009 selesai tahap pertama minum obat. Kemudian dievaluasi, masyarakat diperiksa kembali apakah sudah turun ternyata belum turun. Maka kita minum obat lagi 2 tahun. Tahun 2016 dan 2017 juga minum obat lagi dua tahun dan hasil surveynya 6 murid terjangkit filariasis tadi," pungkasnya. 

Kontributor Mentawai: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga