Melintas Zaman, 'Anyang Batumbuak' Tetap Eksis di Setiap Ramadhan

Melintas Zaman Anyang Batumbuak Tetap Eksis di Setiap Ramadhan Anyang Batumbuak

Covesia.com - Beragam minuman segar dan unik kerap muncul saat bulan Ramadhan tiba, bahkan beberapa di antaranya hanya dapat ditemukan ketika bulan puasa saja. Seperti Anyang Batumbuak yang merupakan minuman tradisional asal Pariaman.

Minuman ini berbahan dasar buah ambacang, pisang, buah timbaba (buah nangka kecil-kecil yang tidak berhasil menjadi buah), nenas, cabe merah, cabe rawit, cabe giling, asam jawa, jeruk besar, gula merah, garam, air.

Cara pembuatannya tergolong mudah yakni, semua bahan di potong kecil dan di aduk jadi satu, lalu dimasukan kedalam kuah yang sudah dimasak dengan campuran gula merah dan juga cabe giling disaat kuah sudah dalam keadaan dingin.

Salah seorang pedagang Anyang Batumbuak di pasar pabukoan Pariaman, Asmarina mengaku jika minuman unik yang bisa dibilang langka ini kembali diminati sejumlah pembeli saat memasuki bulan suci Ramadhan.

"Saat ini memang jarang sekali masyarakat yang mengenalnya karena jarang ditemui di hari-hari biasa. Minuman ini muncul saat Ramadhan saja dan pembelinya pun rata-rata yang sudah berumur, jiga" ujarnya, kepada Covesia.com, Senin (13/5/2019).

Menurut pengakuan penjual yang karib disapa Manih Na ini, dirinya berjualan Anyang Batumbuak di pasar Pariaman sejak tahun 1984 ketika itu pasar Pariaman masih berlokasi di dekat Stasiun Kereta Api (KA) Pariaman.

Resep dari minuman tradisional itu berasal dari buyutnya yang merupakan resep turun temurun dari keluarga besarnya. Minuman itu dipatok dengan harga Rp5 ribu perbungkusnya. Dari hasil jualan minuman tersebut setiap harinya ia mampu meraup untung hingga Rp.150 ribu dengan modal awal Rp.100 ribu setiap harinya.

Selain itu, Manih Na juga menyebut alasan dirinya hanya berjualan di bulan ramadhan saja, hal itu disebabkan karena buah yang menjadi bahan dasar minuman ini mudah di dapat tapi kalau di hari biasa buah untuk melengkapi minuman ini sangat sulit sekali didapatkan.

"Anyang Batumbuak ini rasanya sangat segar sekali apalagi diminum dalam keadaan dingin. Minuman ini juga dipercaya dapat memberikan stamina tambahan selama menajalankan puasa," ulasnya.

Kontributor: Almurfi Syofyan

Berita Terkait

Baca Juga