Susah Bangun Saat Sahur? Coba Lakukan 5 Tips ini

Susah Bangun Saat Sahur Coba Lakukan 5 Tips ini ilustrasi

Covesia.com - Bangun pada waktu sahur adalah hal yang sebenarnya mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang, termasuk anda. Akan tetapi, rasa mengantuk dan kelelahan ternyata bisa membuat anda kembali menarik selimut dan melanjutkan mimpi. Nah, ini dia beberapa tips agar anda bisa bangun lebih awal saat waktu sahur telah tiba.

Tips bangun saat sahur

Pertama-tama, tentu saja niatkan dalam hati bahwa anda ingin bangun lebih awal agar dapat makan saat sahur. Sahur menjadi salah satu elemen penting yang seharusnya tidak boleh dilewatkan saat menjalani puasa. Mengapa?

Jika anda melewatkan sahur, badan akan terasa lemas dan tubuh tidak memiliki asupan makanan apapun dari hari sebelumnya. Hal tersebut bisa menyebabkan anda memilih untuk membatalkan puasa karena kondisi kesehatan yang memburuk.

Tidak mau kan hal tersebut terjadi? Berikut ini beberapa cara supaya anda bisa bangun lebih awal dan menjalankan puasa dengan sahur dikutip covesia.com dari laman hellosehat:

1. Memasang alarm

Sebelum tidur, pastikan anda sudah menyetel jam weker agar dapat membangunkan anda pada dini hari. Selain itu, karena akan ada keinginan untuk mematikan suara alarm dan melanjutkan tidur, jauhkan jam weker dari jangkauan anda.

Hal tersebut akan membuat anda mau tak mau berjalan menuju jam weker untuk mematikannya. Nah, dengan berjalan akan membuat anda semakin terbangun dan mengurangi rasa mengantuk. 

2. Tidur lebih awal

Pada bulan Ramadhan mungkin agak sulit melakukan hal ini. Apalagi karena terdapat pengajian yang harus dihadiri atau memasak untuk sahur. Akan tetapi, pastikan anda langsung beristirahat di kasur setelah melakukan semua itu. 

Bila perlu, hindari penggunaan barang elektronik seperti handphone agar anda langsung terlelap. Cara ini memang sangat ampuh agar anda bisa terbangun pada saat sahur. 

3. Rutin berolahraga

Selama bulan puasa, berolahraga adalah salah satu cara untuk memberikan energi anda dan membuat tidur anda lebih nyenyak. Akan tetapi, tentu saja tidak perlu melakukan aktivitas yang ekstrim sehingga membuat tubuh anda dehidrasi

Cobalah untuk berolahraga sesaat sebelum berbuka puasa atau setelah menjalankan ibadah tarawih. Hal ini dimaksudkan agar anda bisa langsung meminum air setelah berolahraga.

4. Hindari minuman berkafein sebelum tidur

Salah satu tips agar anda bisa bangun lebih awal saat sahur adalah menghindari minuman berkafein sebelum tidur. Jika anda meminum teh atau kopi pada malam hari, kemungkinan besar anda akan sulit untuk tidur, sehingga bangun terlambat untuk sahur. 

Walaupun hal ini akan sulit dilakukan untuk para pecinta kopi, seiring dengan berjalannya waktu anda akan terbiasa bergantung pada minuman berkafein. Cara ini juga disarankan oleh British Nutrition Foundation untuk dilakukan selama bulan Ramadhan.

5. Meredupkan lampu

Jika anda terbiasa menyalakan lampu saat tidur, usahakan untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Seperti yang dilansir oleh WebMD, lampu yang terang pada malam hari dapat mengurangi kadar melatonin.

Mulai dari cahaya dari handphone, komputer, dan TV juga berpengaruh pada produksi melatonin anda. Dilansir dari hopkinsmedicine kadar melatonin ini diperlukan tubuh agar keadaan tidur terjaga dengan tenang dan meningkatkan kualitas tidur. 

Nah, jika anda takut tidur dalam gelap, gunakan lampu tidur yang cukup redup di sebelah tempat tidur. Hal ini bisa membantu anda untuk bangun lebih awal dan dapat mengikuti sahur. 

Setelah mengetahui beberapa tips agar anda bisa bangun lebih awal saat sahur, mulailah untuk mempraktekkannya. Apabila masih terasa sulit, cobalah untuk meminta teman atau keluarga untuk membangunkan anda saat sahur.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga