Selama Ramadhan, 'Sala Bulek' Jadi Penganan Primadona di Pasar Pabukoan Pariaman

Selama Ramadhan Sala Bulek Jadi Penganan Primadona di Pasar Pabukoan Pariaman Sala bulek

Covesia.com - Beragam kuliner lezat kerap muncul saat bulan Ramadhan tiba, bahkan beberapa di antaranya hanya dapat ditemukan ketika bulan puasa saja. Sebut saja bubur candil, kolak pisang, dan kurma yang menjadi ikon saat bulan puasa.

Selain sederet makanan tersebut, di Pariaman, salah satu kuliner khas tradisional yang banyak dicari untuk menu berbuka puasa adalah sala bulek (sala bulat). Penganan yang berbahan dasar tepung beras ini menjadi penganan yang paling banyak di buru di pasar pabukoan yang ada di kota Pariaman, Sumatera Barat.

Bagi masyarakat Pariaman, sala menjadi panganan wajib yang harus ada di meja makan saat berbuka puasa tiba. Kuliner bercita rasa gurih ini menjadi primadona di  setiap bulan puasa, tak ayal penjual sala di pasar pabukoan Pariaman mendapatkan limpahan rezeki.

Salah satu penjual sala, Emiliani, atau karib disapa Uni Emi mengatakan omzet dagangannya naik drastis setiap kali ramadhan datang.

"Biasanya omzet berkisar Rp.200 ribu perhari, selama ramadhan ini naik drastis hingga Rp 700 ribu perhari," ujarnya, saat ditemui di Pasar Pariaman, Sabtu (11/5/2019).

Menurut Uni Emi, meskipun banyak pedagang sala dadakan muncul setiap kali ramadhan datang, tapi itu tidak mempengaruhi jual beli dagangannya karena memang dia telah memiliki pelanggan tetap.

"Kalau kita sudah ada pelanggan tetap, biasanya mereka beli sala dengan skala banyak," jelasnya.

Kontributor: Almurfi Syofyan

Berita Terkait

Baca Juga