Waspada! 6 Penyakit ini Bisa Dialami Orang Kurus

Waspada 6 Penyakit ini Bisa Dialami Orang Kurus ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Kebanyakan orang menganggap badan yang kurus lebih sehat dibandingkan dengan badan yang gemuk. Pada umumnya orang yang mengalami kelebihan berat badan memang bisa menyebabkan datangnya penyakit.

Memiliki berat badan yang tidak ideal, baik itu terlalu gemuk atau terlalu kurus ternyata bisa membuat tubuh kehilangan keseimbangan nutrisi. Berbagai organ dan jaringan tubuh pun tidak bisa berfungsi dengan maksimal. Selain itu, daya tahan tubuh juga akan semakin lemah akibat hal ini sehingga kita pun lebih rentan terkena penyakit.

Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa menyerang orang kurus dikutip covesia.com dari laman doktersehat:

Kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi identik dengan penyakit orang gemuk. Sebenarnya, anggapan ini memang bisa dimengerti mengingat orang gemuk biasanya menerapkan pola makan yang buruk dan memiliki kadar lemak berlebihan di dalam tubuh. Hanya saja, bukan berarti orang kurus tidak rentan terkena masalah kolesterol tinggi.

Banyak orang dengan badan kurus yang ternyata menerapkan pola makan dengan sembarangan karena berpikir jika kondisi tubuh mereka masih baik-baik saja. Padahal, jika makanan yang dikonsumsi tinggi lemak jenuh seperti gorengan atau makanan cepat saji, maka kadar kolesterol tubuh bisa meningkat dengan signifikan.

Diabetes

Sebagaimana kolesterol tinggi, diabetes juga lebih sering dianggap sebagai penyakit orang gemuk. Memang, kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko penyakit ini, namun bukan berarti orang kurus juga tidak bisa mengalaminya.

Jika pola makan tidak sehat hingga pankreas tidak lagi mampu memproduksi insulin dengan cukup, maka orang kurus pun bisa mengalami diabetes. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan penderita diabetes di Asia ternyata memiliki berat badan normal atau kurus.

Melihat fakta ini, kita memang harus menjaga pola makan agar tidak mengonsumsi kalori atau gula dengan terlalu banyak demi mencegah datangnya diabetes.

Penyakit jantung

Cukup banyak penderita penyakit jantung yang ternyata memiliki berat badan yang normal atau cenderung kurus. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup yang buruk layaknya mengonsumsi makanan yang tidak sehat atau malas bergerak. Ditambah dengan kebiasaan merokok, risiko terkena penyakit ini pun akan semakin meningkat.

Penyakit hati

Orang dengan berat badan yang lebih rendah dari indeks massa tubuh yang normal ternyata lebih rentan terkena penyakit hati. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang tidak mendapatkan sumber energi yang cukup sehingga hati pun akan bekerja dengan lebih keras dari biasanya. Kondisi ini bisa berujung pada datangnya penyakit pada organ yang berperan dalam detoksifikasi racun ini.

Gangguan kesuburan

Memang, mereka yang mengalami obesitas cenderung lebih rentan terkena gangguan kesuburan, namun mereka yang memiliki tubuh dengan kondisi terlalu kurus juga mengalami risiko yang sama. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Denmark.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa pria dengan indeks massa tubuh yang rendah cenderung lebih berisiko mengalami disfungsi ereksi atau gangguan produski sperma.

Pikun

Jangan salah, bertubuh kurus ternyata juga lebih rentan terkena masalah pikun atau demensia di usia lanjut, lho. Hal ini disebabkan oleh tubuh mereka yang kekurangan vitamin D dan vitamin E, nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan otak.

Melihat fakta ini, sebaiknya memang kita menjaga berat badan tetap ideal, bukannya terlalu kurus atau gemuk demi tetap sehat.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga