GERD Bikin Sherina Tak Bisa Lagi Minum Kopi

GERD Bikin Sherina Tak Bisa Lagi Minum Kopi Sherina (foto: Instagram)

Covesia.com - Penyanyi Sherina Munaf baru-baru ini mengunggah sebuah foto di media sosial Instagram yang mengungkap fakta bahwa ia tak lagi bisa minum kopi. Hal ini disebabkan oleh kekhawatirannya pada minuman yang digemari sebagian masyarakat Indonesia ini mampu membuat pita suaranya rusak sehingga menghilangkan suara merdunya.

Sebenarnya, bagaimana bisa kopi memberikan dampak sebesar itu bagi kondisi pita suaranya?

Sherina memiliki penyakit GERD sehingga tidak bisa lagi minum kopi

Usut punya usut, Sherina mengaku dirinya menderita penyakit gastroesophageal reflux disease atau GERD yang bisa memicu peningkatan asam lambung.

Dalam foto yang ia unggah di Instagram, Sherina mengaku kangen dengan aktivitas ngopi yang terakhir kali dilakukannya tiga minggu lalu, namun demi menjaga kondisi pita suaranya, mau tidak mau ia harus menghindari salah satu minuman favoritnya ini.

“Semua karena penyakit GERD yang aku derita. Bisa tiba-tiba selama dua minggu suara serak dan disertai dengan peradangan, pilek, dan rasa lelah berlebihan. Ternyata, penyebabnya adalah asam lambung. Yang paling seram, aku pernah sesak napas dan susah menelan makanan gara-gara penyakit ini,” ungkap Sherina.

Kini, Sherina mengaku memilih untuk menghindari makanan dan minuman yang bisa memicu kenaikan asam lambung demi mencegah datangnya penyakit GERD.

“Kini aku berusaha untuk mengubah kebiasaan sehari-hari, tapi bukan berarti aku benar-benar berpisah dari kopi. Dulu aku suka kopi hitam, kini beralih ke almond milk cappuccino, ganti lagi ke almond atau soy latte. Konsumsinya pun dibatasi sekali saja dalam sehari. Aku juga sudah menghindari makanan pedas, makanan dengan rasa bawang putih, dan makanan dari keluarga buah sitrus macam jeruk atau lemon,” tambah Sherina.

Beberapa efek samping minum kopi

Sebenarnya, kopi akan memberikan banyak manfaat kesehatan jika dikonsumsi dengan porsi atau frekuensi yang tepat. Hanya saja, bagi sebagian orang yang cenderung sensitif dengan kopi, rutin mengonsumsinya bisa memberikan efek buruk layaknya maag, gangguan asam lambung, dan kondisi lainnya.

Berikut adalah beberapa efek samping minum kopi yang patut untuk kita waspadai dikutip covesia.com dari laman doktersehat:

Merusak gigi

Jika dicermati, mereka yang hobi minum kopi cenderung memiliki gigi yang lebih kuning. Apalagi jika konsumsi kopi cukup berlebihan. Bahkan, penggemar kopi juga lebih rentan terkena masalah karang gigi.

Bisa menyebabkan inkontinensia

Kopi termasuk dalam minuman bersifat diuretik atau bisa meningkatkan frekuensi buang air kecil. Hanya saja, jika dikonsumsi dengan berlebihan, risiko untuk mengalami inkontinensia atau kesulitan mengendalikan buang air kecil bisa meningkat.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Alabama University, Amerika Serikat dihasilkan fakta bahwa kaum hawa yang terbiasa mengonsumsi kafein dalam jumlah banyak setiap harinya akan memiliki risiko terkena inkontinensia urine lebih besar 70 persen dibandingkan dengan mereka yang jarang meminumnya.

Meningkatkan risiko insomnia

Kopi memiliki kandungan kafein yang memang bisa menyebabkan insomnia atau susah tidur. Masalahnya adalah banyak orang yang tetap santai mengonsumsinya di malam hari saat mengobrol atau berkumpul bersama di kedai atau kafe. Padahal, jika sampai kita mengalami insomnia, maka sistem kekebalan tubuh bisa menurun dan badan akan menjadi kurang bugar.

Memicu gangguan pencernaan

Bagi mereka yang memiliki pencernaan yang sensitif, kafein di dalam kopi bisa membuat kenaikan asam lambung atau bahkan diare. Pakar kesehatan pun menyarankan kopi untuk tidak dikonsumsi saat perut masih dalam kondisi kosong.

Sakit kepala

Jika dikonsumsi dengan berlebihan, kafein ternyata bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah di kepala yang akhirnya berimbas pada meningkatnya risiko terkena sakit kepala.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga