8 Manfaat Minum Air Tebu yang Jarang Diketahui

8 Manfaat Minum Air Tebu yang Jarang Diketahui ilustrasi

Covesia.com - Minuman segar yang dijadikan pelepas dahaga ini ternyata memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan. Air tebu merupakan salah satu jenis minuman segar yang terdapat di berbagai belahan dunia, terutama di negara-negara tropis.  

Berikut ini adalah beberapa di antaranya dikutip covesia.com dari laman klikdokter:

1. Memperlancar kerja sistem tubuh

Air tebu memiliki kandungan mineral yang bervariasi, di antaranya kalium, zat besi, magnesium, dan kalsium. Memastikan bahwa tubuh mendapatkan berbagai mineral dalam jumlah yang cukup dapat membantu menunjang berlangsungnya fungsi dari organ-organ tubuh.

2. Membantu mencegah dehidrasi

Air tebu mengandung cairan dan elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, minuman ini dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi dan membantu melepaskan dahaga pada saat seseorang merasa haus.

Meski demikian, tetaplah memenuhi kebutuhan air minum harian anda disamping mengonsumsi air tebu. Sebab, bagaimanapun air putih adalah asupan cairan terbaik untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

3. Sumber antioksidan

Air tebu juga mengandung antioksidan, yang dapat membantu melawan radikal bebas pada tubuh yang dapat menyebabkan peradangan dan infeksi. Terutama bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan dengan tingkat polusi tinggi, air tebu dapat melindungi tubuh anda dari paparan radikal bebas tersebut.

4. Menunjang kesehatan kulit dan memperlambat proses penuaan

Air tebu mengandung alphahydroxyacid (AHA) yang bermanfaaat mencerahkan kulit. Selain itu, air tebu juga mengandung komponen-komponen flavonoid dan fenol, yang semuanya ikut memperlambat proses penuaan kulit. Komponen yang terkandung di dalam air tebu juga dapat membantu membuat kulit lembap, bersinar cerah secara alami serta terjaga kelembutannya.

5. Membantu menurunkan berat badan

Air tebu mengandung serat larut air yang berperan dalam menjaga kesehatan saluran cerna. Selain itu, minuman yang satu ini juga tergolong sebagai basa dan membantu pembakaran lemak di dalam tubuh yang mengandung kadar asam berlebih.

Selain menyediakan energi bagi tubuh, minuman ini juga menunjang pembakaran kalori. Tak heran, beberapa orang yang tengah menjalankan diet juga kerap mengonsumsi air tebu.

6. Membantu meredakan stres

Mengonsumsi air tebu dianggap dapat membantu mencegah insomnia dan stres. Minuman ini meredakan taraf stres karena mengandung triptofan, magnesium dan beberapa jenis asam amino. Ketiganya dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh, sehingga anda pun terhindar dari risiko stres.

7. Menjaga kesehatan jantung

Air tebu mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan pada pembuluh darah, serta menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Dengan demikian, seseorang juga dapat terlindungi dari serangan jantung dan stroke di masa mendatang.

8. Meningkatkan energi

Air tebu merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kadar energi dalam tubuh. Sehingga, seseorang dapat merasa segar seketika setelah meminumnya.

Salah satu alasannya adalah air tebu mengandung karbohidrat simpleks seperti sukrosa, yang mudah diserap oleh tubuh dan membantu meningkatkan energi.

Selain menyegarkan, air tebu ternyata juga memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Minuman yang sering ditemui di negara tropis ini juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mencegah dehidrasi, dan meningkatkan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, janganlah ragu untuk sesekali minum air tebu di tengah keseharian anda!

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga