Rutin Lakukan 6 Kebiasaan Baik ini di Pagi Hari Bila Anda Ingin Lebih Bahagia

Rutin Lakukan 6 Kebiasaan Baik ini di Pagi Hari Bila Anda Ingin Lebih Bahagia ilustrasi

Covesia.com - Ada yang bilang bahwa bahagia itu sederhana. Tanpa harus mengeluarkan uang banyak, sejatinya kebahagiaan bisa diraih. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Beberapa kebiasaan baik yang dilakukan setiap pagi, dipercaya dapat membuat anda merasa lebih bahagia. Menurut dr. Alvin Nursalim dikutip covesia.com dari KlikDokter, kebahagiaan sebenarnya bisa diciptakan dari dalam pikiran anda.

“Dalam menghadapi berbagai situasi, anda bisa mengontrol diri bagaimana untuk meresponsnya.Karena bagaimanapun juga, setiap orang bertanggung jawab atas kebahagiaannya sendiri,” ujarnya.

Lalu, apa saja kegiatan rutin yang bisa diterapkan demi mendatangkan rasa bahagia? Dilansir dari Best Life, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Berjalan menikmati alam bebas

Berjalan-jalan di area hutan telah menjadi salah satu metode pengobatan serta upaya pencegahan dari penyakit di Jepang. Sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa berjalan-jalan di lingkungan alami dapat meningkatkan suasana hati dan meminimalkan pikiran negatif.

Bagi anda yang tinggal di kota, mungkin sulit untuk melakukannya. Namun tenang saja, Anda dapat memanfaatkan ruang terbuka hijau atau arena lari yang juga dapat memberikan manfaat serupa.

Minum kopi

Banyak penelitian mengaitkan minum kopi dengan rendahnya tingkat depresi. Studi yang dilakukan Harvard School of Public Health, menemukan bahwa kopi dapat membantu seseorang menjadi berpikiran lebih positif dan memiliki efek yang sama seperti antidepresan.

Secangkir kopi mampu meningkatkan suasana hati karena mengandung kadar kafein yang merangsang pelepasan dopamin. Agar manfaatnya kian optimal, kurangi penggunaan gula yang menjadi salah satu penyebab depresi.

Olahraga

Dijelaskan oleh dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, olahraga di pagi hari sangat bermanfaat untuk menjaga keindahan kulit, karena dapat melancarkan aliran darah, sehingga aliran darah yang baik ke dalam kulit akan memancarkan kecantikan alami anda sepanjang hari.

Jika dilakukan secara rutin, olahraga pagi dapat melepas hormon endorfin yang bekerja meningkatkan suasana hati. Dengan rutin berolahraga, dalam waktu singkat, anda akan merasa bahagia dan melupakan berbagai masalah yang ada.

Tertawa

Tertawa adalah obat mujarab untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Kebiasaan tertawa terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi stres, menghilangkan rasa sakit, hingga mencegah penyakit jantung. Sama dengan olahraga, tertawa juga mampu menghasilkan endorfin alias hormon kebahagiaan.

Tertawa bersama juga mampu memperkuat hubungan. Selain membunuh sepi, anda juga mampu menciptakan relasi baik bersama keluarga, kerabat atau orang-orang di sekitar anda.

Tertawa di pagi hari akan sangat membantu membuat suasana hati anda bahagia sepanjang hari.

Meditasi

Baru-baru ini, dunia medis telah membuktikan bahwa meditasi benar-benar dapat mengubah struktur fisik otak dan meningkatkan kebahagiaan. Dengan kata lain, meditasi dapat menciptakan energi positif sejak anda melakukannya. Oleh sebab itulah, lakukan meditasi di pagi hari agar Anda merasa bahagia sepanjang beraktivitas.

Meditasi terdiri dari berbagai jenis. Menurut para ahli, praktik meditasi jenis apa pun dapat membantu orang yang melakukannya menjadi lebih bahagia. Pilih dan tentukan jenis meditasi yang Anda suka, lalu lakukan sebagai aktivitas rutin di pagi hari.

Sarapan sehat

Tak lupa, sarapan adalah hal penting yang harus dibiasakan. Dengan mengikuti beberapa panduan diet sederhana yang mengusung sarapan dengan menu makanan sehat, rasa stres dalam diri anda dapat berkurang secara signifikan.

Sarapan dengan makanan bergizi dapat menyeimbangkan tubuh anda agar menjadi lebih sehat.

Berbagai kebiasaan baik yang sebaiknya anda lakukan di pagi hari seperti yang disarankan di atas bermanfaat dalam membantu anda untuk berpikir lebih positif. Yuk, biasakan untuk melakukannya dari sekarang untuk mewujudkan hidup yang lebih bahagia.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga