Minum Kopi Sebelum Sarapan, ini Efek yang Perlu Diketahui

Minum Kopi Sebelum Sarapan ini Efek yang Perlu Diketahui ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Cukup banyak juga yang sengaja minum kopi di pagi hari sebelum sarapan pagi. Bahkan, mereka bisa saja mengonsumsinya setelah bangun tidur saat perut masih dalam kondisi kosong.

Biasanya, tujuan dari minum kopi di waktu sepagi ini adalah agar bisa menghilangkan rasa kantuk. Sebenarnya, minum kopi sebelum sarapan pagi atau saat perut masih dalam kondisi kosong sehat atau tidak sih?

Dampak minum kopi sebelum sarapan

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak sembarangan minum kopi. Tak hanya di malam hari karena bisa memicu datangnya masalah susah tidur, pakar kesehatan juga menyebut kebiasaan minum kopi sebelum sarapan bisa tidak sehat. Hal ini disebabkan oleh adanya kemungkinan kebiasaan ini akan mengacaukan keseimbangan hormon dalam tubuh, khususnya hormon kortisol.

Sebagai informasi, meski dikenal sebagai hormon yang muncul saat tubuh sedang stres, dalam realitanya hormon kortisol memiliki peran penting bagi kondisi tubuh seperti mempengaruhi jalannya sistem metabolisme dan membuat tubuh terjaga, segar, dan tidak mudah mengantuk.

Hormon ini biasanya akan mengalami peningkatan jumlah di pagi hari demi membantu kita langsung terbangun dari tidur tanpa mengalami kantuk. Jumlahnya pun semakin menurun hingga waktu istirahat malam tiba.

Kafein di dalam kopi ternyata memiliki peran yang sama dengan hormon kortisol. Jika kita minum kopi di pagi hari, waktu saat jumlah hormon kortisol naik, maka kandungan kafein ini akan menggantikan peran kortisol tersebut sehingga membuat tubuh menurunkan produksi hormon ini.

Jika kita terbiasa meminumnya sebelum sarapan, maka tubuh akan terbiasa memproduksi hormon kortisol dalam jumlah yang rendah di pagi hari dan akhirnya membuat tubuh menjadi ketagihan kafein demi menghilangkan rasa kantuk.

Jika sampai kita sudah ketagihan atau ketergantungan dengan kopi, maka kita pun akan terus mengonsumsinya di pagi hari hanya demi membuat mata terjaga. Hal ini tidak baik bagi kesehatan, apalagi jika kita mempertimbangkan dampak minum kopi sebelum sarapan yang bisa memicu peningkatan asam lambung. Dikhawatirkan, kondisi ini akan memberikan pengaruh kurang baik bagi kondisi pencernaan kita.

Tak hanya menyebabkan gejala tidak nyaman pada perut, mual-mual, dan sensasi panas, bisa jadi masalah asam lambung ini berlanjut menjadi tukak atau luka pada lambung yang berbahaya. Karena alasan inilah kita sebaiknya memang tidak sembarangan minum kopi sebelum sarapan.

Manfaat minum kopi setelah sarapan

Berbeda dengan kebiasaan minum kopi sebelum sarapan yang tidak sehat, minum kopi setelah sarapan justru bisa memberikan manfaat kesehatan.

Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut dikutip covesia.com dari laman doktersehat.

Menambah semangat dan energi

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan minum kopi setelah sarapan akan membuat tubuh menjadi semakin berenergi sehingga kita pun akan lebih bersemangat untuk melakukan berbagai macam aktifitas. Bahkan, keberadaan kopi juga bisa membantu kita untuk menjadi kreatif dan mendapatkan banyak ide untuk melakukan banyak hal.

Memberikan asupan antioksidan

Selain kafein, di dalam kopi juga tinggi kandungan antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan paparan buruk radikal bebas yang bisa menyebabkan datangnya berbagai macam peradangan dan penyakit, termasuk kanker yang mematikan.

Membantu mencegah kenaikan berat badan

Kafein ternyata mampu merangsang peningkatan proses metabolisme di dalam tubuh. Tak hanya akan membuat buang air besar menjadi lebih lancar, hal ini akan berpengaruh besar pada kinerja berbagai sistem dan organ tubuh yang akhirnya membantu mencegah kenaikan berat badan.

Baik bagi kesehatan hati

Pakar kesehatan menyebut minum kopi tanpa tambahan gula secara rutin akan melindungi hati dari berbagai kerusakan atau penyakit yang berbahaya.

Jadi, sudah tahu kan kapan waktu yang tepat untuk minum kopi di pagi hari?

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga