Manfaat Menakjubkan Bila Anda Rutin Minum Susu Kayu Manis

Manfaat Menakjubkan Bila Anda Rutin Minum Susu Kayu Manis Kayu manis

Covesia.com - Pernahkah anda pernah coba mencampur susu dengan kayu manis? Biasanya, kayu manis dijadikan campuran saat memasak makanan tertentu. Hanya saja, kini semakin banyak orang yang mencampurkan bahan rempah dengan aroma khas ini di dalam minuman, termasuk susu.

Selain membuat rasa susu menjadi lebih unik, pakar kesehatan menyebut susu kayu manis ini bisa memberikan manfaat kesehatan. Apa sajakah manfaat kesehatan tersebut?

Khasiat minum susu kayu manis secara rutin

Pakar kesehatan menyebut kayu manis kaya akan kandungan kalsium, serat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, serta magnesium. Di dalam kayu manis juga tinggi kandungan antioksidan, anti peradangan, dan anti mikroba sehingga mampu membuat sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat.

Sementara itu, di dalam susu terdapat kandungan kalsium, magnesium, kalium, natrium, karbohidrat, kobalamin, dan berbagai mineral lainnya. Rutin mengonsumsinya bisa membuat tubuh semakin sehat.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan rutin minum susu kayu manisdikutip covesia.com dari laman doktersehat.

Mengatasi rasa sakit

Banyak orang yang mengatasi rasa sakit dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Masalahnya adalah terlalu sering minum obat juga kurang baik bagi kesehatan. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk mengganti obat pereda nyeri ini dengan susu kayu manis.

Susu kayu manis yang dikonsumsi dalam kondisi hangat ternyata juga bisa menjadi penurun rasa nyeri alami dengan efektif. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kandungan di dalam kayu manis yang akan bereaksi dengan hormon prostaglandin di dalam tubuh yang akhirnya membuat otot-otot yang sebelumnya terasa nyeri menjadi lebih rileks. Tubuh pun tidak lagi merasakan sakit dan terasa lebih nyaman setelah meminumnya.

Mencegah diabetes

Pakar kesehatan menyebut susu kayu manis bisa dijadikan diet harian untuk menjaga kadar gula darah tetap seimbang dan mencegah datangnya diabetes tipe 2 dengan efektif.

Mengatasi masalah susah tidur

Kita tentu pernah mendengar saran yang menyebut minum susu sebelum tidur bisa membuat kita tidur dengan lebih nyenyak, bukan? Hal ini memang benar. Bahkan, menurut pakar kesehatan, jika kita mengonsumsi susu kayu manis sebelum beranjak ke kamar, maka tubuh dan pikiran akan terasa lebih rileks dan hal ini akan berpengaruh besar pada kualitas tidur malam kita.

Selain susu yang nikmat dan menenangkan, kandungan di dalam kayu manis ternyata juga bisa membuat saraf menjadi lebih rileks dan memberikan manfaat kesehatan ini.

Mengatasi sakit tenggorokan

Di dalam kayu manis terdapat kandungan anti peradangan yang bisa mengatasi sensasi nyeri atau peradangan di dalam tenggorokan.

Baik bagi kesehatan jantung

Kayu manis juga memiliki kandungan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, menurunkan tekanan darah dan mengatasi hipertensi, hingga mencegah datangnya penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya dengan efektif.

Baik bagi kesehatan tulang

Sudah menjadi rahasia umum jika susu baik bagi kesehatan tulang dan mencegah datangnya penyakit yang terkait dengan kondisi tulang seperti osteoporosis. Hanya saja, jika kita rutin minum susu kayu manis, maka kesehatan dan kekuatan tulang akan menjadi lebih baik.

Sebagai contoh, jika kita mengonsumsi 100 gram kayu manis saja, maka kita sudah mendapatkan sekitar 1.002 mg kalsium. Ditambah dengan kalsium di dalam 100 gram susu yang mencapai 125 mg, maka asupan kalsium harian kita akan cukup sehingga membuat kesehatan tulang dan otot menjadi lebih baik.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga