Seluruh Wilayah di NTT Terjangkit Demam Berdarah

Seluruh Wilayah di NTT Terjangkit Demam Berdarah Pasien anak yang menderita Demam Berdarah Dengue (DBD) menjalani perawatan intensif di salah satu rumah sakit di Lhokseumawe, Aceh. Antara Foto/ Rahmad

Covesia.com - Seluruh wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang meliputi 22 kabupaten/kota, melaporkan kasus demam berdarah dengue (DBD) menurut pejabat Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

"Berdasarkan pemantauan yang dilakukan Dinas Kesehatan NTT sampai saat ini seluruh kabupaten/kota di NTT sudah terpapar kasus DBD," kata Kepala Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Timur, Dominggus Mere, Kamis (14/2/2019).

Meski demikan, ia mengatakan jumlah kasus DBD sudah menurun di daerah seperti Kota Kupang, Manggarai Timur, Manggarai Barat, Sikka dan Timor Tengah Selatan.

"Kasus DBD yang terjadi di beberapa daerah itu sudah mulai menurun karena masyarakatnya mulai gencar menerapkan strategis 3M (menguras, menutup, menimbun) dalam mengatasi kasus DBD," kata Dominggus merujuk pada upaya pemberantasan sarang nyamuk.

Namun, ia menjelaskan, jumlah kasus DBD di wilayah Kabupaten Sumba Timur masih cukup tinggi, karenanya pemerintah daerah mendorong warga meningkatkan upaya pemberantasan sarang nyamuk.

Ia menambahkan pemerintah kabupaten/kota juga gencar melakukan pengasapan menggunakan insektisida di daerah-daerah dengan kasus DBD tinggi.

(ant/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga