Selain Hamil, ini 5 Penyebab Anda Bisa Mual di Pagi Hari

Selain Hamil ini 5 Penyebab Anda Bisa Mual di Pagi Hari ilustrasi

Covesia.com - Anda mungkin pernah terbangun dengan perasaan mual dan tidak nyaman di perut. Mual yang terjadi di pagi hari memang lebih sering dianggap sebagai salah satu tanda hamil, atau disebut juga morning sickness.

Namun, penting diketahui bahwa mual di pagi hari tidak selalu berarti anda sedang hamil, lho! Ada beberapa kondisi kesehatan lainnya yang memberikan gejala yang sama, dikutip covesia.com dari laman hellosehat.

1. Kurang tidur

Jika anda terbangun dengan rasa mual di pagi hari, mungkin anda sedang kelelahan karena kurang tidur. Bisa jadi karena efek jet lag, insomnia, atau tidurnya tidak nyenyak semalaman.

Kurang tidur membuat hormon neuroendokrin di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Hal inilah yang memicu rasa mual saat bangun tidur.

2. Salah makan

Jenis makanan yang anda santap sebelum tidur bisa menjadi penyebab mual di pagi hari. Mungkin saja makanan tersebut telah terkontaminasi bakteri Salmonella sehingga memicu gejala keracunan makanan, misalnya mual, muntah, sakit perut, hingga diare.

Terbangun dengan rasa lapar juga bisa menyebabkan mual karena kadar gula darah Anda rendah. Itulah kenapa, jangan pernah lewatkan sarapan pagi supaya tubuh tetap sehat dan bugar.

3. Asam lambung naik

Coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali anda makan? Bila anda terakhir menyantap makanan jam 7 malam dan tidak sempat sarapan keesokan harinya, maka tak heran jika anda mengalami mual di pagi hari.

Telat makan menyebabkan asam lambung naik hingga mencapai kerongkongan. Jika anda tidak segera mengisi perut dengan makanan, asam lambung yang naik akan terus melukai lapisan tenggorokan dan memicu mual.

4. Mabuk

Jika anda minum banyak alkohol semalam atau bahkan sampai mabuk, maka tak heran jika anda merasa mual di pagi hari. Mabuk alkohol menyebabkan tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi dan kadar gula darah menurun drastis. Itulah sebabnya, kepala anda terasa sakit, mual, hingga muntah ketika kebanyakan minum alkohol.

5. Cemas

Merasa deg-degan karena pagi ini ada ujian skripsi? Atau cemas karena mau presentasi di depan klien penting? Jika ya, bisa jadi inilah penyebab anda mual di pagi hari.

Luapan emosi seperti stres, gugup, atau kecemasan mengakibatkan kadar asam dan enzim dalam perut menjadi kacau. Otot perut anda akan berkontraksi secara berlebihan dan memicu rasa mual atau bahkan sampai muntah.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga