Ini Manfaat Luar Biasa Merendam Kaki dengan Air Garam yang Jarang Diketahui

Ini Manfaat Luar Biasa Merendam Kaki dengan Air Garam yang Jarang Diketahui ilustrasi

Covesia.com - Salah satu terapi tradisional yang dipercaya bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh adalah dengan merendam kaki di dalam air hangat. Terapi yang sudah ada sejak zaman Yunani kuno ini disebut sebagai hidroterapi.

Hanya saja, kini terapi ini juga mengalami perkembangan. Tak hanya menggunakan air hangat, kita juga bisa merendam kaki dengan air garam. Sebenarnya, apa sih manfaat dari terapi ini? Berikut covesia.com mengulasnya dari alamn doktersehat.

Manfaat merendam kaki dengan air garam

Pakar kesehatan menyebut air garam yang dipakai untuk merendam kaki bersifat antiseptik yang bisa mengatasi infeksi yang terjadi pada kaki. Bahkan, bagi mereka yang mengalami masalah eksim pada kulit, terapi ini juga bisa membantu proses pemulihan penyakit ini.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan air hangat dalam meningkatkan respons sel darah putih sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, terapi ini juga mampu meningkatkan kinerja fagosit yang berperan besar dalam menghancurkan kotoran sekaligus membantu proses detoksifikasi pada darah.

Bisa menurunkan tekanan darah

Manfaat lain yang bisa didapatkan dengan terbiasa merendam kaki di dalam air garam adalam menurunkan tekanan darah dengan signifikan. Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ferayanti serta rekan-rekannya.

Setelah mengecek tekanan darah pada para partisipan, para partisipan ini kemudian diminta untuk merendam kakinya di dalam air hangat sembari melakukan teknik relaksasi pernapasan. Para partisipan kemudian dicek lagi kondisi tekanan darahnya.

Hasilnya adalah, mereka mengalami penurunan tekanan darah dengan signifikan karena kemampuan air hangat ini dalam membuat pembuluh darah melebar sehingga sirkulasi darah pun menjadi lebih lancar.

Bisa mengatasi insomnia

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk merendam kaki di air garam hangat jika kita merasakan tubuh yang letih dan lelah usai melakukan berbagai macam aktivitas. Dalam banyak kasus, tubuh yang terlalu lelah justru akan membuat kita mengalami insomnia atau susah tidur.

Dengan melakukan terapi ini, maka otot-otot tubuh yang semula tegang menjadi lebih rileks. Tubuh pun akan menjadi lebih nyaman dan kita pun akan lebih mudah untuk terlelap.

Selain itu, melakukan terapi ini juga akan membuat sistem peredaran darah yang ada di kaki akan menjadi lebih lancar. Hal ini akan membuat pegal-pegal pada tubuh akan menghilang sehingga kaki pun akan terasa lebih nyaman. Hal inilah yang akan membantu kita tidur dengan lebih nyenyak.

Apakah ada risiko dari terapi ini?

Meskipun bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, pakar kesehatan menyebut merendam kaki di dalam air garam bisa memberikan risiko kesehatan tersendiri.

Sebagai contoh, jika kita melakukannya terlalu lama atau air yang dipakai ternyata tidak bersih atau sudah terkontaminasi bakteri atau kotoran, bisa jadi kita akan mengalami masalah kulit seperti dermatosis. Gejala dari masalah kesehatan ini adalah sensasi nyeri pada kulit, munculnya sensasi kemerahan dan perih pada kulit, hingga munculnya demam.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah

Alih-alih hanya mengandalkan terapi merendam kaki di dalam air garam, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengubah gaya hidup menjadi jauh lebih sehat jika ingin menurunkan tekanan darah.

Sebagai contoh, kita sebaiknya menerapkan pola makan dengan kadar gizi yang seimbang, tinggi serat, rendah lemak, dan rendah garam. Selain itu, kita juga sebaiknya menghindari asap rokok, minuman beralkohol, dan stres. Pastikan pula untuk rajin berolahraga dan tidur cukup setiap malam demi menjaga tekanan darah tetap dalam kondisi normal.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga