Ini Bahayanya Bila Anda Sering Meremas Kertas Struk ATM

Ini Bahayanya Bila Anda Sering Meremas Kertas Struk ATM ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Setelah mendapatkan uang atau melakukan transaksi lain melalui mesin ATM, kita biasanya akan menerima kertas struk. Setelah melihatnya, kertas struk ini kemudian kita simpan di dalam dompet atau bahkan diremas dan dibuang karena tidak ingin membuatnya memenuhi dompet.

Bahaya kesehatan dari thermal paper

Pakar kesehatan menyebut kertas ATM dibuat dengan menggunakan kertas berjenis thermal paper. Kertas ini juga dipakai sebagai kertas struk belanja atu kertas faksimile. Masalahnya adalah, bahan thermal paper ini ternyata memiliki bahan kimia yang berpotensi menyebabkan datangnya kanker.

Salah satu bahan kimia yang bisa ditemukan dalam kertas struk ATM adalah BPA atau Bisphenol A. Kertas ini pun akan cenderung mudah berubah warna saat terpapar panas. Selain itu, kandungan ini juga sudah dikenal luas sebagai salah satu penyebab dari munculnya kanker.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan, sekitar 20 sampel dari kertas struk ATM, beberapa lembar kertas struk belanja, 7 kertas faksimile dan beberapa kertas dari kantor pos dicek kandungan kimianya. Hasil dari penelitian ini adalah, 60 persen dari dari sampel tersebut mengandung bahan kimia BPA yang bersifat karsinogenik atau bisa menyebabkan kanker.

Dari 18 hingga 28 sampel tersebut, diketahui bahwa kandungan kimia di dalam kertas mencapai 10 hingga 50 ppm atau parts per million. Jumlah ini tergolong sangat tinggi sehingga bisa menyebabkan datangnya masalah kesehatan seperti pubertas dini, obesitas, serta kanker.

Bahaya menyentuh dan meremas struk ATM dalam waktu lama

Penelitian lain yang dilakukan oleh Organisasi Perlindungan Lingkungan Hidup AS juga mengungkap hal yang serupa. Dalam penelitian ini, jika kita menyentuh 2,5 mikrogram BPA yang bisa ditemukan di dalam kertas struk ATM selama 10 detik saja, maka kita akan terpapar bahaya dari bahan bersifat karsinogenik tersebut. Bahkan, risiko ini akan meningkat 1,5 kali lipat jika meremas kertas struk ATM tersebut.

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memakai pilihan tidak mengeluarkan kertas struk ATM jika memang transaksi bisa dilakukan tanpa memerlukannya. Jika memang kita harus mendapatkan kertas struk ATM, segeralah buang kertas tersebut setelah mengeceknya atau mengambil gambarnya.

Benda lain yang sering kita sentuh dan berpotensi menyebabkan kanker

Selain kertas struk ATM, pakar kesehatan menyebut ada beberapa benda lain yang sebenarnya sering kita sentuh namun berpotensi menyebabkan kanker.

Berikut adalah benda-benda tersebut, dilansir covesia.com dari laman doktersehat:

Sofa

Sofa empuk yang sangat nyaman untuk dijadikan tempat bersantai atau tiduran ini bisa jadi memiliki bahan TDCIPP, sejenis bahan anti api yang bersifat karsinogen. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu mengecek bahan pembuat sofa ini di labelnya sebelum membelinya.

Tirai dan karpet

Sebenarnya, bukan tirai dan karpet yang bisa membahayakan kesehatan, namun adanya kemungkinan sisa dari rokok yang terus menempel pada kedua benda ini. Jika kita sering merokok di dalam rumah atau terdapat perokok yang bertamu, besar kemungkinan tirai dan karpet telah terpapar zat beracun rokok dan bisa menyebabkan datangnya kanker.

Pembasmi serangga

Meski tujuannya baik yakni membasmi serangga seperti nyamuk, kecoa, atau semut di dalam rumah, kandungan di dalam pembasmi serangga seperti glyphosate ternyata bersifat karsinogen atau menyebabkan kanker. Karena alasan inilah sebaiknya kita memilih produk pembasmi serangga yang jauh lebih aman.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga