Heboh, Pasien Rumah Sakit ini Dipasangkan Selang Mesin Cuci

Heboh Pasien Rumah Sakit ini Dipasangkan Selang Mesin Cuci foto: Twitter

Covesia.com - Sebuah unggahan ramai diperbincangkan di media sosial Twitter. Terdapat cuplikan dari series Filipina berjudul 'Kambal Karibal' di mana ada seorang wanita yang tergolek lemah dan di dekat area mulutnya dipasangkan sebuah selang yang besar. Banyak yang salah fokus dengan selang yang terlihat besar dan penggunaannya yang salah.

"Itu selang buangan air mesin cuce bukan???" tanya salah satu netizen menanggapi gambar tersebut. Ya kali pakai selang mesin cuci, duh, duh.


Hmm sebenarnya apa sih kegunaan selang tersebut dalam dunia kedokteran?

"Sebenernya itu bener selang untuk ventilator paru-paru. Cuma selang itu enggak langsung masuk kedalam saluran nafas atau mulut," kata dr Kevin William Hutomo dari Rumah Sakit Pusat Pertamina kepada detikHealth.

Ia menjelaskan bahwa ada alat medis yang bernama T Piece Connectior yang menyambung selang tersebut ke pipa endotrakeal yang dimasukan kedalam saluran napas.

"Biasanya mesin ventilator nafas kita gunakan pada pasien dengan keadaan gagal nafas, atau ada gangguan distres pernafasan, pasien gagal jantung berat, pasien dengan kelainan otot-otot pernafasan, atau bisa saat operasi dengan anestesi umum," tambahnya.

Sebelumnya, pihak dari film series tersebut sudah mengonfirmasi melalui media sosial bahwa alat yang mereka gunakan merupakan alat yang memang dipakai di rumah sakit. Mereka pun menggunakan bantuan dari perawat selama melakukan adegan itu, demikian dikutip dari Lion Heart TV.

Meski begitu masih banyak juga netizen yang kebingungan mengenai fungsi dari selang tersebut. Nah, sekarang sudah tahukan kegunaannya?

(dtc)

Berita Terkait

Baca Juga