Warga Manado Diimbau Kembali Konsumsi Ikan Laut

Warga Manado Diimbau Kembali Konsumsi Ikan Laut Ikan bakar laut. (Foto: ibukitakartini.com)

Covesia.com - Pemerintah Kota Manado, Sulawesi Utara mengajak warga masyarakat untuk kembali mengkonsumsi ikan laut, karena bermanfaat untuk tubuh.

"Mengkonsumsi ikan adalah kebiasaan baik, sangat menyehatkan karena mengandung berbagai zat yang diperlukan tubuh," kata Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, di Manado, Jumat (23/1/2015).

Vicky mengatakan, mengkonsumsi ikan laut manfaatnya bukan hanya untuk kesehatan saja, tetapi juga berdampak luas dalam kehidupan manusia, termasuk dari sisi ekonomi.

"Kalau kita mengkonsumsi ikan laut, maka para pedagang yang menjualnya akan mendapatkan banyak keuntungan, demikian juga dengan nelayan yang mencari dan menangkap ikan di laut," katanya.

Menurutnya, nelayan akan mendapatkan keuntungan, karena ikan yang ditangkapnya, dibeli dengan harga yang pantas oleh pedagang lalu dijual kembali kepada konsumen dan dijual pula dengan baik sehingga sama-sama mendapatkan keuntungan.

"Dengan kata lain, mengkonsumsi ikan akan meningkatkan kesejahteraan nelayan sebab hasil keringatnya dibeli demikian juga dengan pedagang, dan masyarakat mendapatkan manfaatnya," katanya.

Vicky mengatakan memang setiap bulan Desember, maka harga ikan akan cenderung turun, karena tingkat konsumsi masyarakat turun dibandingkan waktu sebelumnya, yang berakibat turunnya harga ikan.

"Biasanya memang pada Desember, masyarakat lebih suka mengkonsumsi daging-dagingan, dan itu menyebabkan permintaan ikan turun sehingga berdampak pada ikan," katanya.

Kebiasaan tersebut menurut Vicky harus dirubah warga Manado, apalagi menurutnya negara-negara maju, baik di Eropa, Asia, sampai Australia justru sudah beralih dari konsumsi daging ke ikan laut, maka itu yang harus ditiru, dan masyarakat Manado pasti bisa melakukannya.

Untuk itu menurut Vicky, pihaknya akan terus melakukan imbauan kepada warga Manado, untuk meningkatkan konsumsi ikan laut, untuk kesehatan dan kesejahteraan.

(ant/cal)

Berita Terkait

Baca Juga