Festival Film di Bulgaria Tampilkan '12 Menit'

Festival Film di Bulgaria Tampilkan 12 Menit

Covesia.com - Film "12 Menit" karya sutradara Hanny R. Saputra tampil dalam Festival Film Menar di Bulgaria. Pemutaran perdana film tersebut dilakukan Dubes RI untuk Sofia, Bunyan Saptomo, di Hall of Cinema Sofia Bulgaria.

Festival ditujukan untuk memperkenalkan masyarakat Bulgaria kepada budaya dan tradisi, termasuk tradisi etnik grup di negara-negara tersebut melalui film. Film-film lainnya yang berpartisipasi berasal dari Iran, Irak, Yordania, Qatar, Siria, Tajikistan, Tunisia, Turki , UEA, Libanon, Palestine, Mesir, Maroko, dan Aljazair.

Adapun cerita di film tersebut berdasarkan kisah nyata anggota group Marching Band Kota Bontang (Kaltim) dengan kegigihan dan perjuangan menghadapi berbagai permasalahan untuk mencapai satu tujuan, yaitu meraih kemenangan pada kejuaraan grup marching band tingkat nasional, di Jakarta.

Beberapa penonton menyampaikan terkesan dengan "12 Menit" karena dikemas dengan apik, sarat dengan pendidikan dan pesan-pesan kemanusiaan yang menyentuh.

Head of Department of Cinema, Advertising, and Show Business, Prof Lyudmil Hristov, menyatakan tertarik dengan film Indonesia karena memiliki banyak sisi yang berbeda dan menarik dibandingkan dengan film-film yang diproduksi di Eropa. Dia juga menyatakan keinginannya untuk melakukan kerja sama di bidang perfilman dengan perguruan tinggi di Indonesia dan pertukaran mahasiswa perfilman. (ant/uji)

Berita Terkait

Baca Juga