Sastrawan NH Dini Meninggal Akibat Kecelakaan

Sastrawan NH Dini Meninggal Akibat Kecelakaan NH Dini

Covesia.com - Kabar NH Dini meninggal dunia akibat kecelakaan ini mengagetkan pecinta dan pegiat sastra di Indonesia.

Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin yang lebih dikenal dengan nama NH Dini, lahir di Semarang, 29 Februari 1936 telah menghasilkan banyak karya sastra terkenal.

Dalam buku pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang diajarkan di bangku SMP atau SMA terdapat nama sastrawan NH Dini.

Indonesia berduka karena kehilangan sastrawan, novelis dan pejuang feminis yang gigih bernama NH Dini. Wanita asli Semarang ini merupakan anak pasangan Saljowidjojo dan Kusaminah.

Kemudian menikah dengan Yves Coffin, Konsul Prancis di Kobe, Jepang tahun 1960.

Sastrawan NH Dini meninggal dunia setelah taksi yang ditumpanginya mengalami kecelakaan di Tol Tembalang, tepatnya di KM 10 Kota Semarang arah Salatiga, Selasa (4/12/2018) siang.

Kecelakaan melibatkan sebuah truk bermuatan bawang dan taksi minibus. Truk patah as di tanjakan kemudian mundur mengenai taksi yang ditumpangi NH Dini.

Taksi itu dikemudikan oleh Suparjo (57) dan Sri Hardini (82) alias NH Dini sebagai penumpangnya. Korban dilarikan ke RS Elisabeth Semarang dan meninggal dunia sore hari.

Kepala Humas RS Elisabeth, Probowati Condronegoro membenarkan bahwa NH Dini tutup usia. Dijelaskan, dia meninggal akibat kecelakaan di tol Semarang.

"Beliau meninggal dunia pukul 16.30 WIB saat berada di IGD rumah sakit Elisabeth," ujarnya.

Dijelaskan Probo, NH Dini sebelumnya menjalani program rutin akupuntur atau tusuk jarum. Namun, saat melewati turunan Gombel, mobil yang dikendarai tertimpa muatan truk yang ada di depannya.

"Mobil yang dikendarai mengalami kecelakaan. Lalu korban dibawa ke IGD untuk diperiksa MRI," tambahnya.

Saat ini jenazah masih disucikan di RS Elisabeth untuk disemayamkan di Wisma Lansia Harapan Asri. Direncanakan Rabu (5/12/2018) pukul 12.00 WIB akan dikremasi di pemakaman Kedungmundu Semarang. 

Baca juga: Sastrawan Indonesia Berbela Sungkawa Atas Kepergian NH Dini

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga