Kebutuhan Minum Air untuk Perokok Berbeda, ini Takarannya

Kebutuhan Minum Air untuk Perokok Berbeda ini Takarannya ilustrasi

Covesia.com - Berapa banyak air putih yang anda minum per hari? Mungkin anjuran 8 gelas per hari sudah sangat sering anda dengar. Namun, jika anda perokok aktif, anda nyatanya butuh lebih dari itu. Salah satu dampak buruk yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan ini adalah dehidrasi.

Lalu, berapa banyak kebutuhan minum air putih untuk para perokok aktif? Berikut covesia.com mengulasnya dari laman hellosehat.

Berapa banyak kebutuhan minum untuk perokok?

Rokok mengandung nikotin, yang merupakan zat adiktif, yang bila berlebihan dalam tubuh bisa sangat berbahaya.

Kandungan nikotin pada sebatang rokok dapat membuat darah menjadi lebih kental. Sebab itu, nutrisi, mineral, dan oksigen yang disebarkan melalui darah tidak bisa diserap banyak dan optimal oleh tubuh. Sehingga mengakibatkan  peradangan pada bagian luar maupun organ dalam tubuh jadi lebih lama disembuhkan.

Selain itu, ketika nikotin masuk ke dalam paru-paru dan kemudian diserap ke dalam aliran darah bersama dengan karbon monoksida dan racun lainnya, lalu mengalir ke seluruh tubuh.

Ini menyebabkan racun terakumulasi dalam darah dan dapat membahayakan kesehatan anda. Dengan minum banyak air putih, tubuh akan lebih mudah untuk membersihkan racun dan bahan kimia lain yang sudah menumpuk.

Belum ada takaran pasti berapa banyak kebutuhan minum untuk para perokok aktif. Namun, usahakan minum air putih 6-12 gelas per hari, untuk membantu mengeluarkan nikotin di dalam tubuh.

Selain itu, minum air putih untuk perokok juga berguna bagi yang ingin berhenti. Ketika anda berhenti merokok, air membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang sering datang seperti sembelit, batuk, nafsu makan tinggi, dan rasa ingin merokok kembali.

Manfaat air putih untuk kesehatan

Dua per tiga bagian tubuh terdiri dari air. Tanpa adanya air, tubuh tidak bisa menjaga suhu normal, melumasi sendi, atau membuang zat yang tidak terpakai dalam tubuh melalui urine, keringat dan air besar.

Oleh karena itu, minum air putih penting untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh. Tubuh memerlukan air untuk melakukan proses pencernaan makanan, penyerapan makanan untuk energi, sirkulasi darah, dan memproduksi cairan air ludah.

Konsumsi air yang cukup juga membantu tubuh agar tetap terhidrasi. Tubuh yang kekurangan air bisa menyebabkan tubuh dan otot melemas, kram, tidak fokus, dan meningkatkan risiko kelelahan karena panas.

Otak juga membutuhkan banyak oksigen agar dapat berfungsi dengan baik. Sehingga minum air putih dapat memastikan otak memperoleh asupan oksigen yang cukup. Karena air merupakan sumber oksigen terbesar untuk otak.

Selain itu, minum air putih juga berfungsi sebagai katalis untuk pembaruan fungsi tubuh yang optimal. Minum air putih dalam jumlah cukup dapat mendukung kinerja hati dan ginjal yang memiliki fungsi untuk menghilangkan zat beracun, limbah, dan garam yang ada di dalam darah.

Minum air putih yang cukup juga menetralkan kadar pH, memperkuat kekebalan tubuh terhadap batu ginjal dan penyakit lainnya.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga